Pengaruh pengetahuan dan religiusitas terhadap keputusan menabung di bank syariah dengan minat menabung sebagai variabel intervening : studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo angkatan 2018

Salsabila, Novriel Rindhu (2021) Pengaruh pengetahuan dan religiusitas terhadap keputusan menabung di bank syariah dengan minat menabung sebagai variabel intervening : studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo angkatan 2018. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1705036167_Novriel Rindhu Salsabila_Lengkap] Text (Skripsi_1705036167_Novriel Rindhu Salsabila_Lengkap)
1705036167_NOVRIEL_SKRIPSI LENGKAP - Novriel Rindhu Salsabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo merupakan perguruan tinggi yang memiliki banyak mahasiswa, mahasiswa adalah pangsa pasar secara keseluruhan yang memadai untuk memperluas jumlah nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan religiusitas terhadap keputusan menabung di Bank Syariah baik secara langsung maupun melalui minat menabung.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Walisongo Angkatan 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 responden diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis penelitian menggunakan path analysis melalui program IBM SPSS 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, (2) religiusitas memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah, (3) minat menabung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, (4) pengetahuan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat menabung, (5) religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, (6) pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung dengan minat menabung sebagai variabel intervening, (7) religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung dengan minat menabung sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bank syariah; Religiusitas; Minat menabung; Keputusan menabung
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:34
Last Modified: 21 Oct 2022 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17632

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics