Bimbingan sosial dalam upaya meningkatkan keberfungsian sosial lansia di Lembaga Sistem Jaminan Sosial Berbasis Masyarakat (LSJSBM) Kedongori, Dempet, Demak

Nafisah, Ainun (2021) Bimbingan sosial dalam upaya meningkatkan keberfungsian sosial lansia di Lembaga Sistem Jaminan Sosial Berbasis Masyarakat (LSJSBM) Kedongori, Dempet, Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1401016121_AINUN NAFISAH_Lengkap] Text (1401016121_AINUN NAFISAH_Lengkap)
1401016121_Ainun Nafisah_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Ainun Nafisah (1401016121) dengan judul: Bimbingan Sosial dalam Meningkatkan Keberfungsian Sosial pada Lanjut Usia di Lembaga Sistem Jaminan Sosial Berbasis Masyarakat di Kedongori, Dempet, Demak. Penelitian ini memiliki rumusan masalah tentang: 1) Bagaimana keberfungsian sosial lansia di (LSJSBM) Kedongori, Dempet, Demak?. 2) Bagaimana bimbingan sosial dalam upaya meningkatkan keberfungsian sosial lansia di (LSJSBM) Kedongori, Dempet, Demak?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan sumber data primer adalah sumber data utama wawancara kepada pembimbing, keluarga dan lingkungan sekitar. Sumber data sekunder yaitu data pendukung yang terkait dengan dokumen-dokumen dari LSJSBM, buku, majalah dan foto-foto yang terkait dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, dokumentasi, wawancara. Sedangkan teknik analisis yang digunakan menurut yaitu reduksi data, display data, kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Bimbingan sosial di Lembaga Sistem Jaminan Sosial Berbasis Masyarakat (LSJSBM) Kedongori, Dempet, Demak sangat membantu dalam meningkatkan keberfungsian sosial yang dihadapi lanjut usia di lembaga tersebut yaitu dengan menggunakan pendekatan bimbingan sosial individu dan kelompok. Keberfungsian sosial seseorang dapat dilihat dari 4 indikator yaitu kemampuan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan dalam melaksanakan peran sosial, kemampuman pemahaman diri. Dalam penilitian ini ditemukan keberfungsian lansia dalam 3 kelompok yaitu: pertama, lansia yang berfungsi sosial secara efektif merupakan lansia yang mampu memenuhi kebutuhannya sehingga dapat berfungsi sosial, kedua, lansia yang berfungsi sosial resiko yaitu lansia yang tidak dapat memenuhi kebutuhannya secara efektif, hal ini disebabkan karena tidak bisa menjalin hubungan sosial dengan baik. Ketiga, lansia yang tidak mampu beradaptasi, yaitu lansia yang tidak mampu memenuhi kebutuhannya karena situasi tertentu yang disebabkan tidak bisa menjalin hubungan sosial, ketergantungan dengan orang lain, kondisi fisik yang terganggu sehingga tidak bisa melakukan aktivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan sosial; Keberfungsian sosial; Lanjut usia
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:18
Last Modified: 26 Oct 2022 07:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics