Tinjauan hukum Islam terhadap sistem donasi dalam bisnis database : studi kasus dalam group millenial class

Safitri, Finda (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap sistem donasi dalam bisnis database : studi kasus dalam group millenial class. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036049_Finda_Safitri] Text (Skripsi_1802036049_Finda_Safitri)
Skripsi_1802036049_Finda_Safitri.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Donasi merupakan pemberian yang bersifat sukarela kepada orang lain , tanpa ada unsur keterpaksaan dari dalam diri penderma. Dalam group Millenial Class, donasi merupakan hal yang harus dibayarkan untuk dapat bergabung dalam group tersebut. Pentingnya penelitian terkait dengan praktik sistem donasi ini dikarenakan pemberian dalam Islam harus didasarkan pada kerelaan dari kedua belah pihak, sedangkan donasi ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh calon member baru ataupun leader untuk dapat bergabung dalam bisnis ini. Permasalahannya adalah bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem donasi dalam bisnis database gorup millenial class tersebut.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian normatif-empiris, yaitu penelitian yang mengkaji terkait pelaksanaan atau ketentuan hukum positif dan dokumen tertulis secara faktual pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam kehidupan masyarakat guna memastikan sesuai atau tidaknya hasil penerapan hukumnya pada peristiwa hukumnya. dengan pendekatan yuridis-sosiologis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis-sosiologis dengan sumber data yang diperoleh dari admin dan anggota group millenial class dengan metode pengumpulan data wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Kemudian metode analisis data yang dilakukan melaui empat tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa praktik bisnis database dalam grop Millenial Class menggunakan akad ju’alah yang tidak diperbolehkan dalam Islam karena tidak memenuhi dua poin dalam yang digunakan dalam Fatwa DSN-MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 tentang PLBS. Dan akad yang digunakan dalam sistem donasi pada group millenial class berupa akad ijarah. Dengan ujrah total penjumlahan dari pembayaran donasi dengan biaya join.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Millenial Class, Donasi; Ujrah; Hukum Islam; Bisnis database
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:23
Last Modified: 31 Oct 2022 09:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17738

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics