Pengaruh pengetahuan masyarakat, sosialisasi, dan lokasi bank syariah terhadap minat menjadi nasabah bank syariah : studi masyarakat Desa Angkatan Lor Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati

Andriani, Tika (2022) Pengaruh pengetahuan masyarakat, sosialisasi, dan lokasi bank syariah terhadap minat menjadi nasabah bank syariah : studi masyarakat Desa Angkatan Lor Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036008_Tika_Andriani] Text (Skripsi_1805036008_Tika_Andriani)
Skripsi_1805036008_Tika_Andriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah adalah sebuah lembaga keuangan yang secara operasional berbeda dengan bank konvensional. Sebagai pendatang baru, konsep bank syariah mengalami situasi yang sulit karena masyarakat lebih dulu mengenal bank konvensional sehingga tidak banyak masyarakat yang paham tentang bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sosialisasi dan lokasi bank syariah terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada masyarakat Desa Angkatan Lor. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Angkatan Lor, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati sebanyak 100 responden.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel independen yang meliputi pengetahuan, sosialisasi dan lokasi bank syariah, serta variabel dependen tentang minat menjadi nasabah bank syariah.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah. Variabel sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah. Variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah Bank Syariah. Sehingga variabel pengetahuan, sosialisasi, dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap minat masyarakat Desa Angkatan Lor menjadi nasabah Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Sosialisasi; Lokasi Bank Syariah; Minat; Nasabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:33
Last Modified: 31 Oct 2022 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17741

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics