Analisis hukum Islam terhadap jual beli reksa dana metode lump sum : studi kasus aplikasi Ajaib

Lutfiah, Ana Fiatul (2022) Analisis hukum Islam terhadap jual beli reksa dana metode lump sum : studi kasus aplikasi Ajaib. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036066_Ana_Fiatul_Lutfiah-Lengkap] Text (Skripsi_1802036066_Ana_Fiatul_Lutfiah-Lengkap)
Skripsi_1802036066_Ana_Fiatul_Lutfiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Metode lump sum adalah suatu metode dalam investasi reksa dana dengan pembayaran dana sekaligus pada awal periode dengan prinsip menebak waktu manakah yang tepat untuk membeli atau menjual unit reksa dana. Hal tersebut dapat memunculkan adanya tindakan spekulasi terhadap dana investasi yang digunakan sehingga sangat berisiko tinggi.
Berdasarkan masalah di atas penelitian ini akan menjawab rumusan masalah yang diantaranya (1) Bagaimana jual beli reksa dengan metode lump sum di Ajaib dan (2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap jual beli reksa dana dengan metode lump sum di aplikasi Ajaib?. Penelitian ini dilakukan pada salah satu aplikasi reksa dana online yaitu Ajaib.
Adapun untuk metode penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif empiris dengan pendekatan yuridis empiris serta data yang dihasilkan dari wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang didapat yakni dalam pelaksanaan metode lump sum, investor harus terlebih dahulu mendaftar akun reksa dana kemudian deposit dana investasi dan memulai berinvestasi reksa dana dengan menentukan jenis reksa dana, nominal dana yang digunakan serta memilih waktu yang tepat untuk menjual atau membeli reksa dana. Pada jual beli reksa dana dengan metode lump sum merupakan jual beli yang dilarang dalam Islam karena mengandung unsur garar. Menurut Fatwa MUI No. 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang pedoman pelaksanaan investasi untuk reksa dana syari’ah hal tersebut tidak diperbolehkan, karena terdapat tindakan spekulasi yang di dalamnya mengandung unsur garar.
Hukum Islam, Reksa Dana, Lump Sum

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Reksa dana; Lump Sum; Jual beli; Aplikasi Ajaib
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:42
Last Modified: 31 Oct 2022 09:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17742

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics