Pengaruh profit sharing ratio, zakat performance ratio, Islamic income ratio, fee based income, dan financing to deposit ratio terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia : periode 2016-2020

Lestari, Dian Puji (2022) Pengaruh profit sharing ratio, zakat performance ratio, Islamic income ratio, fee based income, dan financing to deposit ratio terhadap profitabilitas bank umum syariah di Indonesia : periode 2016-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036041_Dian_Puji_Lestari] Text (Skripsi_1805036041_Dian_Puji_Lestari)
Skripsi_1805036041_Dian_Puji_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Profitabilitas digunakan untuk mengukur kinerja manajemen bank untuk memperoleh keuntungan secara keseluruhan. Return on asset (ROA) adalah rasio yang merupakan gambaran dari kemampuan suatu bank dalam mengelola dana yang diinvestasikan pada aktiva secara menyeluruh guna memperoleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio, Islamic Income Ratio, Fee Based Income, Dan Financing To Deposit Ratio dapat mempengaruhi profitabilitas (ROA) pada Bank Umum Syariah Di Indonesia (Periode 2016-2020).
Variabel independen pada penelitian ini yaitu Profit Sharing Ratio, Zakat Performance Ratio, Islamic Income Ratio, Fee Based Income, dan Financing To Deposit Ratio, sedangkan variabel dependennya yaitu Profitabilitas (ROA). Sampel pada penelitian ini terdiri atas 8 bank umum syariah dengan periode penelitian tahun 2016-2020. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Penggunaan uji-t pada penelitian ini guna mengkoreksi pengaruh parsial masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Pada penelitian ini juga menggunakan uji-F untuk mengetahui secara simultan pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen.
Berdasarkan hasil uji-t menunjukan bahwa Profit Sharing Ratio (PSR) berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA) sedangkan pada variabel Zakat Performance Ratio (ZPR), Islamic Income Ratio (IsIR), Fee Based Income, dan Financing to Deposit Ratio tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA). Secara simultan menurut uji-F Profit Sharing Ratio (PSR), Zakat Performance Ratio (ZPR), Islamic Income Ratio (IsIR), Fee Based Income, dan Financing to Deposit Ratio berpengaruh terhadap profitabilitas (ROA). Diketahui bahwa terdapat pengaruh sebesar 26,1% variasi variabel dependen (ROA) yang dapat dijelaskan oleh variabel independen yang digunakan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Bank umum syariah; Sharia Compliance; Profit Sharing Ratio; Zakat Performance Ratio; Islamic Income Ratio; Fee Based Income; Financing to Deposit Ratio (FDR); Profitabilitas (ROA)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 31 Oct 2022 09:42
Last Modified: 31 Oct 2022 09:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17753

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics