Relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di MTs. Negeri 1 Semarang

M., Erina Ismawati (2021) Relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di MTs. Negeri 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036029_ERINA_ISMAWATI] Text (SKRIPSI_1703036029_ERINA_ISMAWATI)
1703036029_Erina Ismawati_Full Skripsi - list NurAlifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dunia pendidikan telah memasuki zaman modern, dimana persaingan pendidikan sangatlah ketat untuk mempertahankan pengguna jasa pendidikan. Pemasaran pendidikan merupakan misi yang sasaranya adalah membangun hubungan yang baik antara lembaga pendidikan dan masyarakat seperti orangtua siswa agar selalu bertahan mempergunakan layanan jasa pendidikan di lembaga.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana relationship marketing dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di MTs Negeri 1 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs Negeri 1 Semarang masih terdapat permasalahan-permasalahan terkait jumlah pendidik yang semakin menurun, persaingan antar lembaga pendidikan yang kian bertambah, menurunya eksistensi lembaga dimata masyarakat, hal ini menjadikan perlunya meningkatkan strategi pemasaran jasa pendidikan di MTs Negeri 1 Semarang. Dalam meningkatkan pemasaran jasa pendidikan terdapat peran relationship dan bauran mix berupa: produk, price, place, dan promotion. Yang diharapkan strategi tersebut dapat memberikan kepuasan pelanggan yang pada akhirnya menciptakan loyalitas pada pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing; Loyalitas Pelangga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:10
Last Modified: 31 Oct 2022 08:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17758

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics