Pengaruh fitur layanan dan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa UIN Walisongo bertransaksi menggunakan mobile banking Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang jurusan S1 Perbankan Syariah angkatan 2018-2021

'Alaina, Isti Fahma Noor (2022) Pengaruh fitur layanan dan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa UIN Walisongo bertransaksi menggunakan mobile banking Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang jurusan S1 Perbankan Syariah angkatan 2018-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036083_Isti_Fahma_Noor_'Alaina] Text (Skripsi_1805036083_Isti_Fahma_Noor_'Alaina)
Skripsi_1805036083_Isti_Fahma_Noor_'Alaina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia semakin hari semakin membuktikan perkembangan yang pesat. Salah satunya pada perbankan syariah. Perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia membuktikan tingkat pertumbuhan yang menggembirakan. Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah salah satu lembaga yang mengelola finansial secara syariah di Indonesia. Kemajuan teknologi pada sektor perbankan memberikan manfaat kemudahan bagi nasabah pada layanan operasional berupa mobile banking. Bank Syariah Indonesia (BSI) mulai mengenalkan layanan BSI mobile kepada nasabah pada tahun 2021. Layanan perbankan digital BSI Mobile diluncurkan oleh Bank Syariah Indonesia yang memberikan solusi kemudahan transaksi. Penelitian ini terfokus pada Variabel Fitur layanan, kualitas layanan dan kepuasan nasabah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fitur layanan dan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa bertransaksi menggunakan mobile banking dengan studi kasus mahasiswa S1 perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Teknik non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada 96 nasabah dengan menggunakan metode purposive sampling dengan pertimbangan mahasiswa S1 Perbankan syariah periode 2018-2021 yang merupakan nasabah BSI pengguna layanan mobile banking. Penentuan ukuran sampel penelitian dari populasi dapat menggunakan rumus lemeshow. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan SPSS versi 19.0.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Fitur Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa UIN Walisongo bertransaksi menggunakan mobile banking Bank Syariah Indonesia. Fitur layanan memliki fasilitas dengan berbagai fitur yang ditawarkan seperti transfer, pembelitan voucher pulsa, top up e-wallet, melihat mutase, cek saldo dengan menggunakan smartphone. Begitu pula Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa UIN Walisongo bertransaksi menggunakan mobile banking Bank Syariah Indonesia. layanan m-banking yang baik akan memberikan kepercayaan kepada nasabah mengenai pelayanan m-banking yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan; kepuasan nasabah; mobile banking; BSI
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Nov 2022 04:22
Last Modified: 05 Nov 2022 04:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17797

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics