Penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak asuh di Panti Asuhan Baitul Falah Tlogomulyo Pedurungan Semarang

Zahro, Fatimatuz (2022) Penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak asuh di Panti Asuhan Baitul Falah Tlogomulyo Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016036_Fatimatuz_Zahro_Lengkap] Text (Skripsi_1803016036_Fatimatuz_Zahro_Lengkap)
Skripsi_1803016036_Fatimatuz_Zahro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam harus ditanamkan dalam pribadi anak sejak lahir agar menjadi pedoman hidupnya. Semua anak berhak memperoleh kesempatan untuk masuk kedalam dunia pendidikan, termasuk anak yatim dan dhuafa’. Disini peran pemerintah sangat penting dalam menampung anak yatim dan anak terlantar dengan mendirikan sebuah panti asuhan.Panti Sosial Asuhan anak adalah suatu lembaga usaha kesejahteraan sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak telantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak telantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua/wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental dan sosial kepada anak asuh sehingga memperoleh kesempatan yang luas,tepat dan memadai bagi pengembangan kepribadianya sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita- cita bangsa.
Salah satu panti asuhan yang berada di daerah Pedurungan Semarang bernama panti Asuhan Baitul Falah merupakan lembaga sosial yang bernaung di bawah Dinas Sosial Kota Semarang yang berkewajiban memberikan pendidikan serta menanamkan nilai-nilai agama bagi anak-anak yang kurang mampu disekitarnya, baik pendidikan secara formal maupun non formal serta pendidikan keagamaan dan kegiatan-kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi masa depan anak-anak asuh Panti Asuhan Baitul Falah. Berhubungan dengan menanamkan nilai-nilai agama Islam, maka Panti Asuhan Baitul Falah merupakan tempat yang signifikan untuk memberikan pendidikan agama Islam bagi anak-anak asuh panti asuhan. Karena adanya berbagai bentuk bimbingan dan pendidikan yang diberikan oleh para pengasuh untuk mensejahterakan anak-anak asuh Panti Asuhan Baitul Falah.
Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Panti Asuhan Baitul Falah Semarang dilaksanakan mulai hari Minggu - hari Jum’at. Ada berbagai macam kegiatan keagamaan yang telah terlaksana di Panti Asuhan Baitul Falah Semarang antara lain: pembelajaran kitab Aqidatul Awwam, kitab Taisiril Al-khallaq, kitab Safinatun Najah, Pembacaan Yasin dan Tahlil, Pembacaan Maulid Diba’ dan Tadarus Al-Qur’an. Berbagai metode telah digunakan oleh pengasuh dalam penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam diantaranya ada metode ceramah, metode hafalan nadzhom, dan metode Sorogan Al-Qur’an. Terdapat pula berbagai faktor pendukung dan penghambat dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di Panti Asuhan Baitul Falah Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai; Pendidikan Agama Islam; Anak asuh
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:29
Last Modified: 07 Nov 2022 01:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17804

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics