Pengaruh pengetahuan dan kebijakan terhadap penerapan green banking pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KC MT Haryono Semarang

Arsy, Rastiana Alfaaghiyatul (2022) Pengaruh pengetahuan dan kebijakan terhadap penerapan green banking pada Bank Syariah Indonesia (BSI) KC MT Haryono Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036124_Rastiana_Alfaaghiyatul_Arsy] Text (Skripsi_1805036124_Rastiana_Alfaaghiyatul_Arsy)
Skripsi_1805036124_Rastiana_Alfaaghiyatul_Arsy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perbankan hijau pada intinya memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Pengembangan konsep green banking ini juga memerlukan dukungan dari perbankan syariah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar pengaruh pengetahuan dan kebijakan terhadap penerapan green banking pada Bank BSI KC MT Haryono Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, dan diakhiri pengujian pada hipotesis yang diolah menggunakan SPSS. Pengujian hipotesis ini dengan Uji Determinasi (R²), Uji Signifikansi Simultan (F), dan Uji Signifikansi Parsial (T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerapan green banking di Bank BSI KC MT Haryono Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t sebesar 0,973 dengan nilai signifikasi 0,334. Sedangkan, kebijakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan green banking di Bank BSI KC MT Haryono Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t sebesar 9,789 dengan nilai signifikasi 0,000. Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan beberapa solusi untuk tidak hanya meningkatkan pemahaman tentang pentingnya perbankan hijau dalam pembangunan ekonomi tetapi juga meningkatkan kemauan untuk mengikuti praktik perbankan hijau.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Green banking; kebijakan; BSI
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 05 Nov 2022 06:56
Last Modified: 05 Nov 2022 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17805

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics