Pengaruh citra merek, word of mouth, dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Pixy : studi kasus pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Wulansari, Eka (2022) Pengaruh citra merek, word of mouth, dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Pixy : studi kasus pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805056011_Eka_Wulansari_Lengkap] Text (Skripsi_1805056011_Eka_Wulansari_Lengkap)
Skripsi_1805056011_Eka_Wulansari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (988kB)

Abstract

Bedak merupakan salah satu produk kosmetik yang banyak diminati oleh konsumen. Salah satunya yaitu bedak yang diproduksi oleh Pixy yang dimana menyajikan produknya sesuai dengan kondisi kulit wanita di Asia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, word of mouth dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Pixy. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan Mahasiswa UIN Walisongo Semarang dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis yang meliputi uji t, uji F, dan koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merek, word of mouth dan harga secara simultan bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk bedak Pixy.

ABSTRACT

Powder is one of the cosmetic products that are in great demand by consumers. One of them is the powder produced by Pixy which presents its products according to the skin conditions of women in Asia. This study aims to determine the effect of brand image, word of mouth and price on purchasing decisions for Pixy cosmetic products. The method of data collection in this study was a questionnaire. The research sample used was 100 respondents who were students of UIN Walisongo Semarang by using purposive sampling technique as a sampling technique. The analysis used in this research includes validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing which includes t test, F test, and coefficient of determination (R2). The results of this study indicate that: (1) brand image partially has a positive and significant effect on purchasing decisions. (2) word of mouth partially has a positive and significant effect on purchasing decisions. (3) the price partially has a positive and significant effect on purchasing decisions. The variables of brand image, word of mouth and price simultaneously have a positive effect on purchasing decisions for Pixy powder products.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Citra merek; Word of mouth; Harga; Keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:57
Last Modified: 07 Nov 2022 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17809

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics