Pemanfaatan bahan ajar digital pada materi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pemalang

Noor, Meutia Indira (2022) Pemanfaatan bahan ajar digital pada materi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016078_Meutia_Indira_Noor_Lengkap] Text (Skripsi_1803016078_Meutia_Indira_Noor_Lengkap)
Skripsi_1803016078_Meutia_Indira_Noor.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas pendidikan di masa sekarang. Era digital dimana mayoritas orang sudah sadar teknologi dan informasi dengan maksud untuk mempermudah dalam mengakses semua hal di luar jangkauannya. Termasuk usaha guru yakni dengan mempersiapkan bahan ajar digital agar siswa dapat mudah menerima materi ajar Pendidikan Agama Islam. Pemanfaatan bahan ajar digital mewujudkan kompetensi-kompetensi yang dimiliki oleh siswa yakni siswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep materi yang dipelajari untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk membangun pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki siswa, maka dapat dicapai dengan pemanfaatan bahan ajar digital melalui strategi pembelajaran inquiry dimana proses mencari, mempelajari, dan menerapkan sendiri materi ajar Pendidikan Agama Islam yang diperoleh sehingga pembelajaran akan lebih bermakna.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pemanfaatan bahan ajar digital pada materi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pemalang? 2) Apa saja hambatan yang dihadapi pada pemanfaatan bahan ajar digital pada materi Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Pemalang?
Permasalahan dibahas melalui studi lapangan, sebagai sumber data adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di SMP Negeri 2 Pemalang untuk mendapatkan data pemanfaatan bahan ajar digital pada materi Pendidikan Agama Islam melalui strategi pembelajaran inquiry dengan menggunakan strategi inquiry. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pemanfaatan bahan ajar digital pada materi Pendidikan Agama Islam melalui strategi pembelajaran inquiry di SMP Negeri 2 Pemalang memanfaatkan Google Classroom sebagai media pembalajaran dalam ranah Pendidikan Agama Islam pada materi Iman Kepada Rasul Allah Swt. Sebelum pemanfaatannya, guru menyusun RPP, Program Semester, dan bahan ajar digital dalam format Microsoft Power Point. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka menggunakan strategi inquiry yakni guru menyampaikan materi agar siswa dapat mencari dan menemukan peristiwa yang sesuai dengan materi di lingkungan masing-masing. Sedangkan pembelajaran jarak jauh menggunakan metode konvensional. 2) Dalam pemanfaatan bahan ajar digital pada materi Pendidikan Agama Islam menggunakan strategi inquiry, guru dan siswa menemui hambatan yakni pada pengoperasian fitur-fitur dan aplikasi pembelajaran ketika menyusun bahan ajar digital. Sulit mengakses sinyal dan keterbatasan kuota internet, serta perbedaan potensi siswa dalam pemahaman materi, masalah, kondisi, dan sikap siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar digital; Materi ajar PAI; Strategi inquiry
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:01
Last Modified: 07 Nov 2022 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17815

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics