Hubungan antara adversity quotient dan dukungan orang tua dengan motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi

Najah, Khairun (2022) Hubungan antara adversity quotient dan dukungan orang tua dengan motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016027_Khairun_Najah] Text (Skripsi_1807016027_Khairun_Najah)
Skripsi_1807016027_Khairun_Najah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Mahasiswa bidikmisi yang telah menginjak semester akhir. Mahasiswa memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas akhir atau yang biasa disebut dengan skripsi. Dengan menyelesaikan tugas akhir atau skripsi mahasiswa telah memenuhi syarat untuk memperoleh gelar sarjana (S1). Oleh karena itu, mahasiswa bidikmisi yang telah memasuki semester akhir membutuhkan motivasi untuk segera menyelesaikan skripsinya agar proses penyususan skripsi dapat diselesaikan dengan baik sehingga mahasiswa bidikmisi bisa lulus tepat waktu dan tidak perlu untuk membayar uang semester berikutnya. Motivasi sendiri dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Tujuan: Untuk menguji secara empiris hubungan antara adversity quotient dan dukungan orang tua dengan motivasi menyelesaikan skripsi.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 146 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data diambil menggunakan instrumen skala yaitu skala adversity quotient, dukungan orang tua, dan motivasi menyelesaikan skripsi. Kemudian data akan dianalisis menggunakan teknik analisis korelasi ganda.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan angka signifikansi sebesar 0,004 atau P < 0,05 dengan R menunjukkan angka 0,274. Sehingga dapat dikatakan ada hubungan antara variabel adversity quotient (XI) dan dukungan orang tua (X2) dengan motivasi menyelesaikan skripsi (Y).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara adversity quotient dan dukungan orang tua dengan motivasi menyelesaikan skripsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa; Bidikmisi; Semester akhir; Skripsi; Adversity quotient; Dukungan orang tua; Motivasi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.3 Beasiswa, PKL, PPL
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 09 Nov 2022 10:16
Last Modified: 09 Nov 2022 10:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17835

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics