Analisis SWOT produk pembiayaan mikro syariah di BSI KC MT Haryono Semarang pada masa pandemi covid-19

Setyawati, Lilis (2022) Analisis SWOT produk pembiayaan mikro syariah di BSI KC MT Haryono Semarang pada masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805036144_Lilis_Setyawati] Text (Skripsi_1805036144_Lilis_Setyawati)
Skripsi_1805036144_Lilis_Setyawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

BSI KC MT Haryono Semarang adalah salah satu dari banyak lembaga keuangan yang menyalurkan pembiayaannya kepada masyarakat. Penyaluran dana pada BSI KC MT Haryono Semarang dilakukan salah satunya melalui produk pembiayaan mikro syariah. Pembiayaan mikro syariah segala bentuk kegiatan penyediaan dana dengan menggunakan prinsip syariah, yang disalurkan khusus untuk masyarakat yang memiliki usaha mikro, kecil dan menengah guna memenuhi kebutuhan permodalan usahanya. Tetapi dalam penelitian ini terdapat dua kendala dalam penyaluran pembiayaan mikro syariah di masa Pandemi Covid-19, yaitu terjadi penurunan jumlah nasabah dibarengi dengan turunnya jumlah dana pembiayaan mikro syariah, dan sulitnya menemukan nasabah yang memenuhi kriteria ditengah pandemi Covid-19 ini. Dari beberapa kendala tersebut, maka peneliti berfokus untuk melakukan analisis SWOT pembiayaan mikro syariah di BSI KC MT Haryono Semarang pada masa pandemi Covid-19. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian ini, berdasarkan matrik SWOT yang diperoleh dari analisis SWOT yang telah dilakukan, menghasilkan beberapa alternatif strategi pemasaran produk pembiayaan mikro syariah BSI KC MT Haryono Semarang, yaitu strategi SO : menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan masyarakat luas, dan lembaga/organisasi yang lain untuk menjaga citra baik perusahaan, serta meningkatkan kegiatan promosi produk pembiayaan mikro syariah. Strategi WO : memberikan pengetahuan dan informasi tentang BSI melalui media sosial, media cetak (brosur), dan iklan di papan reklame, meningkatkan kegiatan promosi dan memperluas kerjasama untuk memperluas pangsa pasar. Strategi ST : meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan kualitas layanan, memaksimalkan proses pencairan dana pembiayaan mikro syariah, menetapkan target pemasaran yang tepat di masa pandemi covid-19, dan melakukan strategi jemput bola atau door to door. Strategi WT : memberikan pengetahuan dan informasi tentang BSI kepada masyarakat, membuat program-program berhadiah untuk menarik minat masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mikro; Analisis SWOT; Bank syariah; Pandemi covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:31
Last Modified: 14 Nov 2022 08:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17848

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics