Strategi pembelajaran edutainment pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Sumberarum Kabupaten Pati

Yuliawati, Rika (2022) Strategi pembelajaran edutainment pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Sumberarum Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016097_Rika_Yuliawati] Text (Skripsi_1803016097_Rika_Yuliawati)
Skripsi_1803016097_Rika_Yuliawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran banyak dirancang untuk dapat menimbulkan kesan yang menarik dan menyenangkan. Pembelajaran saat ini banyak dikembangkan dengan berbagai metode, strategi dan cara yang dirancang semenarik mungkin sehingga kesan “pembelajaran yang membosankan” dapat dieleminir semininal mungkin, akan tetapi tentu saja tanpa meninggalkan tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Salah satu cara yang ditempuh oleh para pendidik dalam proses pembelajaran adalah dengan menyajikan materi yang diajarkan dengan prinsip edutainment. Edutainment sebagai strategi terapan yang memadukan antara pendidikan dengan hiburan agar pembelajaran menjadi menyenangkan serta mengena. Suasana pembelajaran yang demikian, dapat memicu efektifitas pencapaian tujuan pembelajaran. Terdapat tiga aspek yang dibahas dalam penelitian ini yakni aspek humanizing the classroom, active learning, dan quantum teaching mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta hasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran edutainment pada mata pelajaran PAI di SD Negeri Sumberarum Pati. Penelitian dilakukan melalui pendeskripsian fenomena-fenomena yang ada di SD Negeri Sumberarum Pati dengan kehadiran peneliti sebagai pengamat dan pengumpul data. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fielad research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model Miles and Huberman yang mencakup tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sebelum data disimpulkan, dilakukan pula triangulasi data dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengecek kebenaran dan memperkaya data hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Edutainment; Pendidkan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:41
Last Modified: 18 Nov 2022 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17864

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics