Nilai-nilai pendidikan Islam dalam serial animasi Riko the Series

Nursasi, Alma Risqi (2022) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam serial animasi Riko the Series. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016127_Alma_Risqi_Nursasi] Text (Skripsi_1803016127_Alma_Risqi_Nursasi)
Skripsi_1803016127_Alma_Risqi_Nursasi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam serial animasi Riko the Series. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada anak usia dini yaitu rentang usia 0 s.d. 6 tahun, pada usia tersebut peran orang tua dalam memberikan edukasi sangatlah penting, banyak sekali media yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam seperti contohnya menggunakan serial animasi, akan tetapi sangat disayangkan banyak serial animasi yang memiliki nilai-nilai yang kurang mendidik. Riko the Series hadir sebagai salah satu alternatif tontonan yang layak untuk anak-anak. Oleh karena itu, penulis sangat tertarik meneliti serial animasi Riko the Series.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui isi serial animasi Riko the Series Episode 11-20 Season 2 dan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam serial animasi Riko the Series Episode 11-20 Season 2.
Jenis penelitian ini yaitu kepustakaan digital. Data penelitian kepustakaan diperoleh dari perpustakaan atau tempat lain yang menyimpan referensi, tidak berasal dari lapangan. Objek penelitian ini adalah bahan dokumen bentuk audiovisual (digital) yaitu serial animasi Riko the Series Episode 11-20 Season 2. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (qualitative approach). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis isi (content analisys).
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isi dari serial animasi Riko the Series Episode 11-20 yaitu kegiatan keseharian Riko beserta keluarganya yang terdiri dari ayah, bunda, kakaknya bernama Wulan dan robot canggih bernama Q110. Banyak keteladanan yang diajarkan oleh kedua orangtua Riko dan kakaknya. Setiap episodenya memuat nilai-nilai pendidikan agama Islam, yaitu 1) Nilai pendidikan akidah (iman) berisi iman kepada Allah (memuji Allah), iman kepada Rasul, iman kepada qada dan qadar Allah; 2) Nilai pendidikan ibadah yaitu ibadah mahdhah (wudu, salat dan membaca al-Qur’an), ibadah ghairu mahdhah (saling tolong menolong);
3) Nilai pendidikan akhlak yaitu akhlak kepada Allah (ikhlas dan bersyukur), akhlak kepada Rasulullah (mengikuti sunnah Rasul), akhlak kepada manusia (menghormati, menghargai dan saling memaafkan), akhlak kepada lingkungan (bijak menggunakan plastik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan Islam; Film Animasi; Riko the Series
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:45
Last Modified: 18 Nov 2022 08:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17870

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics