Perilaku agresif pada anak yang memiliki attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal

Sari, Vivi Arum (2022) Perilaku agresif pada anak yang memiliki attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016147_Vivi_Arum_Sari] Text (Skripsi_1807016147_Vivi_Arum_Sari)
Skripsi_1807016147_Vivi_Arum_Sari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perilaku agresif adalah perilaku seseorang yang dilakukan dengan tujuan untuk menyakiti orang lain atau membuat kerusakan terhadap objek atau benda baik secara fisik atau non fisik yang menyebabkan kerugian. Perilaku ini juga muncul pada anak yang memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di rumah maupun di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku agresif pada anak yang memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi melalui wawancara mendalam dan observasi. Untuk mengantisipasi adanya distorsi data dalam pengumpulan data, maka dilakukan cross check data melalui pencocokan hasil data interview informan dengan significant other dan hasil observasi dengan hasil interview. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yang menjadi factor perilaku agresif pada anak yang memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD adalah keinginan yang tidak terpenuhi, factor lingkungan, kelainan perilaku, suasana hati yang tidak baik, kesal dengan orang tua atau teman. Kemudian bentuk-bentuk perilaku agresif yang muncul pada anak yang memiliki ADHD di SLB Muhammadiyah Surya Gemilang Kendal adalah memukul, menendang, mencubit, dan melempar. Adapun dampak yang timbul akibat perilaku agresif tersebut adalah adanya penolakan dari lingkungan dan temannya, terjadinya gangguan belajar pada anak ketika kegiatan belajar di sekolah .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku agresif; Anak; Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD); Hiperafktif
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:49
Last Modified: 18 Nov 2022 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17872

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics