Hubungan antara dukungan sosial orangtua dan optimisme dengan adaptabilitas karir siswa Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati

Ni’mah, Siti Aulin (2022) Hubungan antara dukungan sosial orangtua dan optimisme dengan adaptabilitas karir siswa Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016149_Siti Aulin Ni_mah] Text (Skripsi_1807016149_Siti Aulin Ni_mah)
Skripsi_1807016149_Siti Aulin Ni_mah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara dukungan sosial orangtua dan optimisme dengan adaptabilitas karir siswa MA Silahul Ulum. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 182 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode proportional stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala dukungan sosial orangtua, skala optimisme dan skala adaptabilitas karir. Metode analisis data yang digunakan yakni korelasi berganda (multiple correlation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang tinggi antara dukungan sosial orangtua dan optimisme dengan adaptabilitas karir siswa MA Silahul Ulum Asempapan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,719. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi dukungan sosial orangtua dan optimisme semakin tinggi pula adaptabilitas karir siswa MA Silahul Ulum Asempapan. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua dan optimisme, semakin rendah pula adaptabilitas karir siswa MA Silahul Ulum Asempapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial; Orangtua; Optimisme; Adaptabilitas karir; Siswa; Madrasah aliyah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:51
Last Modified: 18 Nov 2022 08:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17873

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics