Hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Syafi’i, Mukhammad (2022) Hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016154_Mukhammad Syafi_i] Text (Skripsi_1807016154_Mukhammad Syafi_i)
Skripsi_1807016154_Mukhammad Syafi_i.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Banyaknya aktivitas yang dilalui hampir setiap hari, membuat seorang mahasiswa sering merasa kelelahan membuat mahasiswa malas belajar dan malas mengerjakan tugas yang menjadikan mahasiswa sering melakukan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan kontrol diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 293 mahasiswa psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode analisis data menggunakan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan angka korelasi sebesar 0,592 dengan nilai (sig) 0,000 atau p < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kontrol diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik mahasiswa psikologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri; Dukungan Sosial; Teman Sebaya; Prokrastinasi Akademik; Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:55
Last Modified: 18 Nov 2022 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17875

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics