Hubungan antara penerimaan diri dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tunanetra anggota Komunitas Sahabat Mata Semarang

Shofiefany, Crossita Nabila (2022) Hubungan antara penerimaan diri dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tunanetra anggota Komunitas Sahabat Mata Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807016155_Crossita_Nabila_Shofiefany] Text (Skripsi_1807016155_Crossita_Nabila_Shofiefany)
Skripsi_1807016155_Crossita_Nabila_Shofiefany.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hidup yang bermakna bagi penyandang tunanetra dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah proses penerimaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara penerimaan diri dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tunanetra anggota Komunitas Sahabat Mata Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya korelasi antara penerimaan diri dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tunanetra anggota Komunitas Sahabat Mata Semarang. Populasi penelitian berjumlah 43 orang yang total keseluruhan dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian adalah skala penerimaan diri dan skala kebermaknaan hidup. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara penerimaan diri dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tunanetra anggota Komunitas Sahabat Mata Semarang dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,408 yang berarti berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerimaan diri; Kebermaknaan hidup; Tunanetra
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:57
Last Modified: 18 Nov 2022 08:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17876

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics