Studi morfologi dan anatomi ikan betutu (oxyeleotris marmorata) di Waduk Penjalin Kabupaten Brebes

Janah, Mapri Khatul (2022) Studi morfologi dan anatomi ikan betutu (oxyeleotris marmorata) di Waduk Penjalin Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808016009_Mapri_Khatul_Janah] Text (Skripsi_1808016009_Mapri_Khatul_Janah)
Skripsi_1808016009_Mapri_Khatul_Janah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ikan betutu (Oxyeleotris marmorata) merupakan salah satu ikan air tawar yang sering dikonsumsi dan memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Ikan betutu hidup diperairan air tawar, salah satu habitat ikan betutu yaitu di Waduk Penjalin Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Karakteristik ikan betutu (Oxyeleotris marmorata) di desa Winduaji kecamatan Paguyangan ini belum diidentifikasi secara rinci dari morfologi hingga anatominya. Sehingga para nelayan di desa Winduaji kecamatan Paguyangan masih kesulitan dalam mengembangkan usaha budidaya ikan jenis ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi morfologi ikan betutu (Oxyeleotris marmorata) secara rinci dan menganalisis struktur anatomi ikan betutu (Oxyeleotris marmorata) di Waduk Penjalin Kabupaten Brebes dan fungsi organ tersebut. Pengambilan sampel dilakukan di Waduk Penjalin Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dan untuk karakterisasi struktur morfologi dan anatomi dilakukan di Laboratorium Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive random sampling. Data morfometrik ikan betutu dianalisis menggunakan uji T dan data anatomi ikan betutu dianalisis secara deskripsi. Hasil dari penelitian, perairan Waduk Penjalin menunjukkan karakter morfometrik ikan betutu di Waduk Penjalin tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara ikan betutu betina dengan ikan betutu jantan. Hasil pengukuran meristik ikan betutu Waduk Penjalin menghasilkan perhitungan yang berbeda-beda antara ikan betutu jantan dan betina, hasil uji t pada pengukuran meristik ikan betutu yaitu tidak terdapat perbedaan secara signifikan. Hasil pengamatan anatomi ikan betutu seperti pada ikan umumnya yaitu terdapat sistem rangka, sistem urogenital dan sistem pencernaan.
anatomi; ikan betutu; morfologi; Waduk Penjalin

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Anatomi; Ikan betutu; Morfologi; Waduk Penjalin; Oxyeleotris marmorata
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 590 Animals (Zoological sciences) > 597 Cold-blooded vertebrates, Fishes
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:05
Last Modified: 18 Nov 2022 09:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17881

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics