Strategi penghimpunan dana pada produk deposito mudharabah di PT BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati

Tsani, Laela Lutfia (2022) Strategi penghimpunan dana pada produk deposito mudharabah di PT BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905015001_Laela_Lutfia_Tsani] Text (Skripsi_1905015001_Laela_Lutfia_Tsani)
Skripsi_1905015001_Laela_Lutfia_Tsani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah bergerak dalam bidang penghimpunan dan penyaluran dana masyarakat. Deposito Mudharabah adalah produk eksklusif PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati untuk menghimpun dana masyarakat. Deposito mudharabah adalah deposito berjangka yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu yang telah disepakati. Untuk terus menghimpun dana masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan, Bank harus memiliki strategi yang tepat untuk memastikan bahwa penagihan dilakukan secara efisien. Penulis tertarik untuk mempelajari pendekatan PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati dalam memperoleh dana untuk produk deposito mudharabah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ulang mengenai strategi pemasaran PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati dalam menghimpun dana untuk produk deposito mudharabah, mekanisme produk deposito dan tata kelola pengelolaan bilyet deposito mudharabah PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati dan kendala yang dihadapi oleh PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati dalam menghimpun dana deposito mudharabah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta sumber data primer dan sekunder. Data primer berasal langsung dari sumber tempat penelitian dilakukan, sedangkan data sekunder berasal dari buku dan publikasi tertulis lainnya.
Penelitian ini menemukan hasil temuan dari strategi penghimpunan dana pada produk deposito mudharabah di PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati sebagai berikut Strategi pemasaran PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati untuk penghimpunan dana produk Deposito mudharabah yang didasarkan pada pendekatan bauran pemasaran yang meliputi produk, promosi, harga, dan distribusi adalah sebagai berikut: (a)Strategi produk PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati untuk menarik minat mitra adalah dengan menunjukkan keunggulan produk simpanan mudharabah. (b)PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati menggunakan sistem bagi hasil yang kompetitif dalam strategi penetapan harga. Dengan jatuh tempo 3, 6 dan 12 bulan, tersedia persentase bagi hasil 32 %, 35 %, dan 40 %. (c)Strategi pendistribusian BMT menggunakan sistem pick up and ball dengan mitra kunjungan, dalam hal ini PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati. (d)Strategi promosi PT. BPRS Artha Mas Abadi Pati untuk pemasaran produk tabungan mahasiswa melalui advertising, personal selling, dan sales promotion.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi penghimpunan dana; Deposito; Mudharabah; BPRS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:14
Last Modified: 18 Nov 2022 09:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17885

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics