Strategi pemasaran produk pembiayaan sertifikat guru di PT BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati

Mahabah, Leila Mifta Nur (2022) Strategi pemasaran produk pembiayaan sertifikat guru di PT BPR Syariah Artha Mas Abadi Pati. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TugasAkhir_1905015005_Leila_Mifta_Nur_Mahabah] Text (TugasAkhir_1905015005_Leila_Mifta_Nur_Mahabah)
Skripsi_1905015005_Leila_Mifta_Nur_Mahabah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dunia perbankan pada praktiknya ditunjukkan dengan munculnya berbagai macam benda/barang yang dijadikan agunan. Produk pembiayaan dengan agunan sertifikat pendidik masih tergolong produk pembiayaan baru yang dijalankan oleh beberapa Bank khususnya Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) Syariah salah satunya oleh PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati. Pembiayaan ini dikhususkan untuk semua guru yang memiliki sertifikat pendidik baik guru PNS maupun swasta. Seorang guru yang memenuhi kriteria sebagai guru yang profesinal akan diakui melalui pemberian sertifikat pendidik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tentang strategi pemasaran dalam produk pembiayaan sertifikasi guru yang diterapkan oleh PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan kepala coordinator pemasaran kantor pusat PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati. Hasil dari penelitian adalah bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. BPR Syari’ah Artha Mas Abadi Pati menggunakan bauran pemasaran(marketing mix) yang mencakup 7P (product, price, promotion, place, people, process, physical evidence). Pemasaran yang efektif dilakukan dengan cara menonjolkan keunggulan produk, harga yang murah, promosi menarik dan dapat dijangkau banyak orang, tempat yang strategis, SDM yang professional dan berkualitas, melalui proses yang mudah, dan bukti nyata dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadahi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Produk Pembiayaan; Sertifikasi Guru; Bauran Pemasaran; BPRS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:22
Last Modified: 18 Nov 2022 09:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17890

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics