Analisis strategi pemasaran produk simpanan sukarela qurban (Sisuqur) pada BMT Al Hikmah Ungaran

Arini, Zirli Nova Dwi (2022) Analisis strategi pemasaran produk simpanan sukarela qurban (Sisuqur) pada BMT Al Hikmah Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TugasAkhir_1905015008_Zirli_Nova_Dwi_Arini] Text (TugasAkhir_1905015008_Zirli_Nova_Dwi_Arini)
Skripsi_1905015008_Zirli_Nova_Dwi_Arini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tugas akhir ini berjudul ”Analisis Strategi Pemasaran Produk Simpanan Sukarela Qurban (SISUQUR) di BMT Al Hikmah Ungaran” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya produk penghimpunan dana di BMT Al Hikmah Ungaran yang kurang diminati masyarakat umum yaitu produk SISUQUR yang menggunakan akad wadi'ah berdasarkan prinsip ini BMT bebas menggunakan dana yang dihimpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran produk Simpanan Sukarela Qurban (SISUQUR) pada BMT Al Hikmah Ungaran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Penulis mengumpulkan data dengan mewawancarai Ibu Heni selaku admin BMT Al Hikmah Ungaran dan pembimbing magang penulis, mengamati secara langsung terhadap subjek tertentu yang menjadi fokus penelitian dan mendokumentasikan semuanya terkait produk Simpanan Sukarela Qurban (SISUQUR) di BMT Al Hikmah Ungaran terkait dengan penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul Analisis Strategi Pemasaran Produk Simpanan Sukarela Qurban (SISUQUR) pada BMT Al Hikmah Ungaran, dari segi produk, segi tempat, dari segi harga, dari segi promosi, disamping itu menggunakan pelayanan yang baik, ramah serta sopan santun. BMT Al Hikmah Ungaran menggunakan sistem jemput bola dengan mendatangi anggota ke tempat usaha atau rumahnya. Dari segi kendala dalam pemasaran produk Sisuqur antara lain yaitu tidak semua masyarakat mampu melakukan ibadah Qurban karena , produk SISUQUR tidak bisa diambil sewaktu waktu, kurangnya jumlah tenaga pemasar yang mempromosikan produk SISUQUR, serta kurangnya jaringan karena didominasi oleh bank syariah dan konvensional yang beroperasi di sekitar BMT Al Hikmah Ungaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk Simpanan Sukarela Qurban (SISUQUR); BMT
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:32
Last Modified: 18 Nov 2022 09:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17896

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics