Perkebunan karet (hevea brasiliensis (willd. Ex a. Juss) mull. Arg) di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga

Suknia, Septi Lailia (2022) Perkebunan karet (hevea brasiliensis (willd. Ex a. Juss) mull. Arg) di Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1808016027_Septi_Lailia_Suknia] Text (skripsi_1808016027_Septi_Lailia_Suknia)
skripsi_1808016027_Septi_Lailia_Suknia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Gulma adalah tumbuhan liar yang keberadaannya tidak dikehendaki sebab dapat menurunkan produktivitas tanaman budidaya khususnya di kebun karet Kecamatan Sidorejo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis gulma yang ditemukan di kebun karet Kecamatan Sidorejo dan mengetahui potensinya oleh masyarakat sekitar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan di 3 stasiun, setiap stasiun terdiri dari 3 plot yang berukuran 1 m x 1 m. Data diambil melalui observasi, wawancara, dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan nilai keanekaraaman jenis Shannon-Wienner (H’). Informasi tentang potensi gulma menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan nilai keanekaragaman jenis gulma yang ditemukan di kebun karet tergolong sedang (H’ = 2,11). Identifikasi dilakukan dengan pengamatan morfologi daun, batang, akar dan bunga gulma. Ditemukan 32 spesies dari 16 famili. Jenis famili yang ditemukan yaitu Apiaceae, Araceae, Asteraceae, Cyperaceae, Dennstaedtiaceae, Dryopteridaceae, Fabaceae, Melastomataceae, Oxalidaceae, Phyllanthaceae, Piperaceae, Poaceae, Pteridaceae, Rubiaceae, Urticaceae dan Zingiberaceae. Sebanyak 32 spesies gulma tersebut, berpotensi sebagai pakan ternak, obat tradisional, sumber pangan, sebagai pencegah erosi, menghambat tumbuhnya gulma ganas dan sebagai tanaman hias.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perkebunan karet; Hevea brasiliensis (willd. Ex a. Juss) mull. Arg; Inventarisasi; Identifikasi; Gulma; Potensi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 580 Plants > 581 Specific topics in natural history of plants
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 632 Plant injuries, diseases, pests
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:34
Last Modified: 18 Nov 2022 09:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17898

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics