Implementasi mangap meringis mecucu (M3) pada metode Qqiraati jilid II dalam pembelajaran Al-Qu’ran di SD IT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak tahun ajaran 2021/2022

Hidayah, Nurul (2022) Implementasi mangap meringis mecucu (M3) pada metode Qqiraati jilid II dalam pembelajaran Al-Qu’ran di SD IT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016167_Nurul_Hidayah] Text (Skripsi_1803016167_Nurul_Hidayah)
Skripsi_1803016167_Nurul_Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran al-Qur’an, masih sering dijumpai siswa yang pada saat praktik membaca al-Qur’an, dalam melafalkan setiap huruf, artikulasi yang dibunyikan kurang begitu jelas (suara miring). Tamamul harakat (penyempurnaan harakat) merupakan salah satu solusi untuk meminimalisir kesalahan membaca pada harakat. Salah satu metode yang menerapkan tamamul harakat, pada pendidikan formal adalah Metode Qiraati. Namun, sebagian kalangan guru al-Qur’an, metode qiraati disebut dengan sebutan Mangap Meringis Mecucu (M3).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data, dilakukan dengan cara observasi non partisipan, wawancara terbuka, dan dokumentasi. Serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini mengambil fokus penelitian: 1) Bagaimana proses pelaksanaan Mangap Meringis Mecucu (M3) pada metode qiraati jilid II dalam pembelajaran al-Qur’an di SD IT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Mangap Meringis Mecucu (M3) pada metode qiraati jilid II dalam pembelajaran al-Qur’an di SD IT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak?
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) Dalam pelaksanaan Mangap Meringis Mecucu (M3) pada metode qiraati jilid II di SD IT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak, menggunakan dua metode, yaitu klasikal peraga dan individul. Selain itu, guru sebagai pusat senter (teacher center), karena guru senantiasa memberikan kode tangan ibu jari dan jempol yang digerakkan menyerupai huruf “L”. Serta menyuruh siswa untuk membuka mulut dan memperhatikan mulut guru. Adapun tujuan diterapkannya Mangap Meringis Mecucu (M3) pada metode qiraati jilid II di SD IT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak, adalah untuk membiasakan siswa agar membaca al-Qur’an, melafalkan setiap hak huruf, sehingga siswa dapat meminimalisir bacaan miring. 2) Sedangkan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Mangap Meringis Mecucu (M3) pada metode qiraati jilid II di SD IT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak, dari segi guru yaitu, kriteria guru sudah sesuai dengan standarisasi pada qiraati dengan dibuktikan syahadah dan memiliki komitmen yang tinggi untuk senantiasa belajar qiraati selama menjadi guru qiraati. Dari siswa, yaitu siswa SD IT Permata Bunda Pucang Gading Mranggen Demak, mampu membaca al-Qur’an sesuai dengan hak hurufnya, suaranya jelas dan lantang, serta memberikan dampak positif terhadap rasa percaya diri siswa, ketika membaca al-Qur’an ataupun berdiri di depan kelas. Dari sarana prasarana, yaitu sarana prasarana yang digunakan sudah memadai. Hal ini dibuktikan dengan adanya alat peraga (buku qiraati ukuran A4, tongkat ukuran ± 60 cm, stand untuk menaruh buku qiraati), mikrofon pada setiap kelas. Untuk ruangan untuk pembelajaran qiraati masih kurang. Sedangkan faktor penghambatnya, adalah siswa belum bisa konsisten membuka mulut dan kondisi anak yang ramai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mangap Meringis Mecucu (M3); Metode Qiraati; Pembelajaran Al-Qu’ran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:54
Last Modified: 18 Nov 2022 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17907

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics