Implementasi akad murabahah dengan wakalah pada pembiayaan KPR Syariah di BTN Syariah Ngaliyan

Supriyatin, Supriyatin (2022) Implementasi akad murabahah dengan wakalah pada pembiayaan KPR Syariah di BTN Syariah Ngaliyan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TugasAkhir_1905015016_Supriyatin] Text (TugasAkhir_1905015016_Supriyatin)
Skripsi_1905015016_Supriyatin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rumah adalah kebutuhan yang sangat mendesak karena secara efektif melindungi dari intensitas dan hujan tanpa henti. BTN Syariah datang memberikan jawaban sebagai bahan bantuan, khususnya KPR Syariah (Kredit Pemilikan Rumah) dengan memanfaatkan akad Murabahah dengan Wakalah berdasarkan fatwa DSN-MUI di BTN Syariah cabang Ngaliyan. Kehadiran perbankan syariah di Indonesia tentu berdampak pada umat Islam yang membutuhkan kantor dari lembaga perbankan yang terbebas dari riba.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melihat analisis deskriptif-kualitatif yang direncanakan untuk menggambarkan pelaksanaan akad Murabahah dengan Wakalah dalam pembiayaan akad Syariah di BTN Syariah Ngaliyan, untuk melihat apakah pelaksanaan akad Murabahah dengan Wakalah dalam penunjang akad Syariah sudah sesuai dengan DSN - Fatwa MUI di BTN Syariah Ngaliyan Semarang. Dalam strategi pengumpulan informasi, para ilmuwan menggunakan prosedur wawancara, khususnya dengan mengarahkan pertanyaan dan jawaban kepada salah satu perwakilan yang bekerja di lokasi eksplorasi yang penting untuk segmen pendukung yang merupakan spesialis dalam kontrak Syariah, serta untuk pekerja dan kelengkapan tenaga dan dokumentasi untuk mencari data tentang pelaksanaan akad murabahah. Wakalah dalam Pembiayaan KPR Syariah. Strategi ilmiah yang digunakan dalam eksplorasi ini adalah teknik pencerahan.
Dampak lanjutan dari tinjauan ini, secara spesifik pelaksanaan Fatwa DSN-MUI tentang Murabahah dengan Wakalah tentang Pendanaan KPR Syariah yang dilakukan di BTN Syariah Ngaliyan Semarang sudah tepat, khususnya pada model murabahah dengan wakalah yang pas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad Murabahah; Wakalah; Pembiayaan; KPR Syariah; Fatwa DSN-MUI
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:57
Last Modified: 18 Nov 2022 09:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics