Implementasi akad mudharabah pada produk deposito di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi

Viana, Risma (2022) Implementasi akad mudharabah pada produk deposito di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TugasAkhir_1905015021_Risma_Viana] Text (TugasAkhir_1905015021_Risma_Viana)
Skripsi_1905015021_Risma_Viana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

BPRS Gala Mitra Abadi merupakan salah satu BPRS yang bertempat di Grobogan Purwodadi yang beroperasi berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah dan prinsip-prinsip manajemen perbankan syariah. Salah satu produk penghimpunan dananya yaitu produk deposito. Deposito merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai dengan perjanjian antara nasabah dan Bank. Produk deposito yang dimiliki oleh BPRS Gala Mitra Abadi menggunakan akad Mudharabah. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana prosedur pelaksanaan produk deposito serta implementasi akad mudharabah yang digunakan pada produk ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi akad mudharabah pada produk deposito serta prosedur pelaksanaannya di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang berlokasi di BPRS Gala Mitra Abadi, dengan mengunakan pendekatan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu prosedur untuk melakukan pembukaan dan pencairan deposito di BPRS Gala Mitra Abadi sangat mudah. Deposito di BPRS Gala Mitra Abadi menggunakan sistem Automated Roll Over/ARO dengan jenis akad mudharabah yang digunakan dalam produk deposito adalah akad mudharabah muthlaqah dalam hal ini nasabah berlaku sebagai shahibul maal dan bank berlaku sebagai mudharib dimana keuntungan yang dihasilkan dalam kegiatan usaha akan dibagikan sesuai nisbah bagi hasil yang telah disepakati di awal akad menggunakan metode perhitungan profit sharing. Pelaksanaan deposito mudharabah di BPRS Gala MItra Abadi telah sesuai dengan prinsip syariah dan fatwa Dewan Syariah Nasional No.03/DSN-MUI/IV/2000 tentang deposito dan fatwa Dewan Syariah Nasional No. 115/DSN-MUI/IX/2017 tentang akad mudharabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Pembiayaan Rakyat Syariah; BPRS; Deposito; Akad Mudharabah Mutlaqah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:11
Last Modified: 21 Nov 2022 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17918

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics