Strategi politik pembangunan desa wisata : studi Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal

Ilfani, Fia (2022) Strategi politik pembangunan desa wisata : studi Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016002_Fia_Ilfani] Text (Skripsi_1806016002_Fia_Ilfani)
Skripsi_1806016002_Fia_Ilfani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Politik Pembangunan Desa Wisata Alam di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini antara lain Strategi Politik Pembangunan Kepala Desa Dalam Upaya Pembangunan Wisata Alam di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal dan Terkait dengan Dampak Pengembangan Wisata Alam di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konsep Pembangunan dan Strategi Pembangunan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Desa, Pokdarwis, dan Masyarakat Desa Cempaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Cempaka lebih maju dibandingkan desa-Desa lain di Kecamatan Bumijawa. Strategi yang digunakan Kepala Desa dalam upaya Pembangunan Wisata alam Cempaka ini adalah dengan melibatkan Pokdarwis dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait di Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa. Keterlibatan Pokdarwis sangat membantu dalam pelaksanaan Pembangunan Wisata alam ini. Dengan demikian kepala Desa dan seluruh pihak pengelola berusaha menggunakan dana Desa dan dana pribadi dengan sebaik-baiknya.

ABSTRACT:
This study discusses the Political Strategy of Village Head Development in Efforts to Develop Nature Tourism in Cempaka Village, Bumijawa District, Tegal Regency. The problems to be investigated in this study include the Political Strategy of Village Head Development in the Efforts to Develop Nature Tourism in Cempaka Village, Bumijawa District, Tegal Regency and Related to the Impact of Nature Tourism Development in Cempaka Village, Bumijawa District. The theory used in this research is Development Concept Theory and Development Strategy. This type of research is descriptive qualitative with case study research type. The data sources in this study were the Village Head, Pokdarwis, and the Cempaka Village Community. The results of this study indicate that Cempaka Village is more advanced than other villages in Bumijawa District. The strategy used by the Village Head in this effort to develop Cempaka nature tourism is to involve Pokdarwis and cooperate with all relevant parties in Cempaka Village, Bumijawa District. Pokdarwis involvement is very helpful in the implementation of this natural tourism development. Thus the village head and all management parties try to use village funds and personal funds as well as possible.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi politik; Pembangunan; Desa wisata; Kepala Desa; Pokdarwis
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 321 Systems of governments and states
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:23
Last Modified: 21 Nov 2022 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics