Pasar tradisional dan pemberdayaan masyarakat desa : studi di Desa Pamarayan Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang

Surtini, Titin (2022) Pasar tradisional dan pemberdayaan masyarakat desa : studi di Desa Pamarayan Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026005_Titin_Surtini] Text (Skripsi_1806026005_Titin_Surtini)
Skripsi_1806026005_Titin_Surtini.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh satu hal yang mendasar yaitu pasar dijadikan sebagai dasar perkembangan ekonomi masyarakat Desa Pamarayan. Pasar Pamarayan juga sebagai aset dan potensi yang dimiliki masyarakat Desa Pamarayan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui operasionalisasi pasar di Desa Pamarayan serta upaya yang dilakukan terhadap dampak ekonomi dan sosial masyarakat Desa Pamarayan atas implementasi program pemberdayaan melalui pasar tradisional demi meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Desa Pamarayan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif deskriptif yang bersifat menguraikan dan menggambarkan suatu hal dengan apa adanya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan kajian pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis induktif yang dilakukan dengan reduksi data, keabsahan data dan pengambilan kesimpulan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai fakta dibalik fenomena yang diteliti. Adapun pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui operasionalisasi pasar di Desa Pamarayan, dan bagaimana dampak ekonomi sosial atas pemberdayaan masyarakat melalui operasionalisasi pasar di Desa Pamarayan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan pemerintah desa dengan adanya operasionalisasi Pasar Tradisional Pamarayan terhadap para pedagang dengan memberikan pemahaman dan sistem pinjaman modal agar bisa membantu dan memudahkan para pedagang. Dampak pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui operasionalisasi pasar di Desa Pamarayan dapat dilihat dari aspek ekonomi dan sosial. Dampak ekonomi dengan adanya pasar bagi masyarakat banyak memberikan pengaruh positif, yaitu pasar dijadikan sebagai dasar perkembangan ekonomi masyarakat terutama pada lahan pekerjaan, serta pasar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu dampak dari aspek sosial yaitu interaksi sosial antar pedagang terjalin dengan baik, serta pasar dapat mempererat tali silaturahmi. Pasar ini sebagai ruang sosial, dimana mereka menjadikan pasar sebagai tempat untuk mereka bisa bertemu dengan individu lainnya, sehingga terjalin keharmonisan dan keakraban antara masyarakat.
Pasar Tradisional; Pemberdayaan; Masyarakat Desa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional; Pemberdayaan; Masyarakat desa
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:30
Last Modified: 21 Nov 2022 07:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17938

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics