Pola asuh orang tua single parent dalam penumbuhan karakter anak : studi di Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara

Indarwati, Wahyu (2022) Pola asuh orang tua single parent dalam penumbuhan karakter anak : studi di Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026010_Wahyu_Indarwati] Text (Skripsi_1806026010_Wahyu_Indarwati)
Skripsi_1806026010_Wahyu_Indarwati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pola pengasuhan orangtua single parent dalam mengasuh dan mendidik penumbuhan karakter anak, yang mana orangtua dengan status single parent memiliki peran ganda yaitu mengurus anak dan bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan lebih mendalam terkait pembahasan pola pengasuhan orangtua single parent dan dampak yang muncul dalam proses penumbuhan karakter anak di Desa Tulakan. Adapun dua permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Menguraikan pola asuh yang diterapkan single parent dalam penumbuhan karakter anak di Desa Tulakan dan (2) Menguraikan dampak pola asuh single parent dalam penumbuhan karakter anak di Desa Tulakan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di Desa Tulakan Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara dengan tujuan untuk mempelajari fenomena yang akan terjadi pada subjek penelitian di lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis pendekatan penelitian lapangan, metode kualitatif, pendekatan deskripstif dan menggunakan toeri pola asuh menurut Elizabeth B. Hurlock. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pola asuh yang diterapkan serta kendala yang dihadapi oleh orangtua single parent terhadap anak sangat penting dalam proses penumbuhan karakter yang baik. Pada pola pengasuhan kepada anak orangtua single parent memiliki beberapa macam pola asuh yang dapat diterapkan yaitu pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola asuh permitif. Dalam proses penumbuhan karakter anak single parent mempunyai kendala-kendala dalam menerapkan pola asuh terhadap anak (2) Dampak pola asuh single parent dalam penumbuhan karakter anak. Terdapat dua dampak yang mucul dalam pola asuh orang tua single parent yaitu dampak keaktifan dan kepekaan dalam lingkungan keluarga dan pertemanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Orang tua; Single Parent; Karakter Anak
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:32
Last Modified: 21 Nov 2022 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17939

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics