Pemberdayaan masyarakat melalui program badan usaha milik desa (BUMDes) di Desa Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Anggriani, Elis (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui program badan usaha milik desa (BUMDes) di Desa Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026025_ELIS_ANGGRIANI] Text (Skripsi_1806026025_ELIS_ANGGRIANI)
Skripsi_1806026025_ELIS_ANGGRIANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat melalui program BUMDes Parama memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Paninggaran. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi dan implikasi dari pemberdayaan masyarakat melalui program BUMDes Parama. Tujuannya untuk menjelaskan strategi dan mengetahui bagaimana implikasi dari pemberdayaan masyarakat melalui program BUMDes Parama.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif analisis tujuanya untuk memperoleh deskripsi atau gambaran yang sesuai dengan rumusan masalah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni teknik analisis kualitatif dan menggunakan teori pemberdayaan masyarakat Jim Ife.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui tiga strategi yang dijalankan oleh BUMDes Parama yakni perencanaan dan kebijakan, aksi sosial dan politik serta penyadaran dan pendidikan dalam memberdayakan masyarakat Desa Paninggaran melalui program BUMDes Parama sudah berjalan cukup baik dan bagus. Selain mampu menambah PAD, BUMDes Parama juga telah membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat Desa Paninggaran serta dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat Desa Paninggaran dalam memanfaatkan akses dan potensi desa. Hal ini dapat dilihat dari BUMDes Parama yang telah mempekerjakan 50 orang. Menurut masing-masing informan mengungkapkan bahwasanya pemberdayaan yang dilakukan oleh BUMDes sudah bagus karena dapat membantu masyarakat Desa Paninggaran. Implementasinya juga sangat dirasakan oleh masyarakat dalam beberapa bidang seperti bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan. Program yang dijalankan BUMDes Parama tidak hanya berorientasi pada keuntungan (benefit) tetapi juga berorientasi untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa. Hal ini dibuktikan melalui program-program yang dikembangkan oleh BUMDes Parama seperti unit desa wisata Watu Bangkong Adventure (WBA), unit saluran air bersih, sanitasi dan penanganan sampah, unit simpan pinjam, unit pelayanan jasa dan perdagangan, serta unit pasar desa telah memberikan manfaat untuk masyarakat Desa Paninggaran.
.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: BUMDes; Pemberdayaan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:34
Last Modified: 11 Mar 2023 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17940

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics