Pendidikan agama Islam dalam keluarga single parent di Gedangalas Gajah Demak

Rohman, Muhammad Habibur (2022) Pendidikan agama Islam dalam keluarga single parent di Gedangalas Gajah Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016185_Muhammad_Habibur_Rohman] Text (Skripsi_1803016185_Muhammad_Habibur_Rohman)
Skripsi_1803016185_Muhammad_Habibur_Rohman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keluarga dan pendidikan adalah dua istilah yang tidak bisa dipisahkan, sebab dimana ada keluarga disitu ada pendidikan. Ketika ada orang tua yang ingin mendidik anaknya, maka pada waktu yang sama terdapat pertanggung jawaban orang tua terhadap anaknya. Pada tataran keluarga ideal, umumnya keluarga terdiri dari ayah, ibu dan anak. Namun pada kenyataanya masih banyak keluarga yang hanya terdiri dari seorang ibu dengan anaknya tanpa seorang ayah atau sebaliknya yang seringkali disebut keluarga single parent. Berangkat dari hal tersebut, dalam penelitian ini akan membahas tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga single parent di desa Gedangalas Kecamatan Gajah Kabupaten Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Kemudian data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga single parent di Gedangalas Gajah Demak pada lingkup materi meliputi pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, dan juga metode pengawasan. Ukuran keberhasilan pendidikan agama dilihat dari kesesuaian sikap dan perilaku anak dalam praktek kehidupan sehari-hari. Kendala yang dihadapi oleh single parent dalam mendidik agama anaknya diantaranya: keterbatasan waktu bagi single parent karena harus bekerja memenuhi kebutuhan ekonomi; tingkat pendidikan yang berimbas pada pengalaman mendidik; serta kemajuan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Keluarga; Single Parent
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:56
Last Modified: 21 Nov 2022 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17947

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics