Model kaderisasi PKS muda sebagai organisasi sayap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kabupaten Kudus

Silfiyana, Efa (2022) Model kaderisasi PKS muda sebagai organisasi sayap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016028_Efa_Silfiyana] Text (Skripsi_1806016028_Efa_Silfiyana)
Skripsi_1806016028_Efa_Silfiyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keberhasilan partai politik sebagai pilar demokrasi dapat dibuktikan salah satunya melalui kaderisasi. Kaderisasi dianggap sebagai sebuah proses dan pembentukan sumber daya manusia untuk menduduki jabatan politik. Kaderisasi partai politik dalam hal ini didukung adanya Organisasi Sayap Partai (OSP). Untuk itu, fokus kajian dalam skripsi ini untuk mengetahui kaderisasi yang dilakukan oleh PKS Muda dan kontribusinya dalam kaderisasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kabupaten Kudus, karena didaerah ini relatif berkembang cukup baik.
Guna mengkaji permasalahan diatas, studi ini dilakukan dengan menggunakan tiga teori, yaitu: Partai Politik, Organisasi Sayap Partai (OSP), dan Kaderisasi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan, yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kaderisasi yang dilakukan PKS Muda Kabupaten Kudus menggunakan kaderisasi jama’i dan fardhi yang bertujuan mengasah kader untuk dipersiapkan kepemimpinan dimasa depan. PKS Muda dalam melakukan kaderisasi memiliki kontribusi pada partainya yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kontribusi yang dilakukan adalah berkontribusi dalam kaderisasi anggota Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Kudus yang memberikan sumbangsih 80% dari jumlah keseluruhan kader dan pencalonan legislatif mendatang yang mana partai memberikan 30% dari kuota untuk keterwakilan generasi muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: PKS Muda; Kaderisasi; Organisasi Sayap Partai (OSP); Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:42
Last Modified: 21 Nov 2022 08:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17952

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics