Uji akurasi penentuan arah kiblat pada aplikasi digital falak versi iOS karya Ahmad Tholhah Ma'ruf

Hasan, Andi Bangsawan (2022) Uji akurasi penentuan arah kiblat pada aplikasi digital falak versi iOS karya Ahmad Tholhah Ma'ruf. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046011_Andi_Bangsawan_Hasan] Text (Skripsi_1802046011_Andi_Bangsawan_Hasan)
Skripsi_1802046011_Andi_Bangsawan_Hasan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Memasuki era 5.0 yang sudah sangat maju dan serba digital, banyak pegiat Falak yang membuat aplikasi untuk mempermudah umat Islam dalam melaksanakan ibadah, salah satunya yaitu aplikasi Digital Falak di iOS. Aplikasi ini pertam kali muncul pada November 2021. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengembangan dari Digital Falak versi Android yang sudah ada sejak 2015. Aplikasi Digital Falak ini dibuat dan dikembangkan oleh Ahmad Tholhah Ma’ruf, pegiat Falak dari pesantren Sidogiri, Jawa Timur. Meskipun aplikasi ini tidak selengkap versi Android, akan tetapi pertanggal 6 Juni 2022 sudah berhasil diunduh sebanyak 2000 pengguna dengan ulasan 5 dari skala 5. Ini merupakan salah satu rating terbesar karena aplikasi baru dan mempunyai rating besar jarang ditemui pada perangkat iOS.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana algoritma perhitungan arah kiblat dalam aplikasi Digital Falak dalam sistem iOS, dan bagaimana pula tingkat akurasi hasil perhitungan arah kiblat dalam aplikasi Digital Falak pada sistem iOS.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan penulis adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data-data tersebut dilakukan melalui metode dokumentasi dan wawancara. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan metode deskriptif analisis.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, rumus yang digunakan pada kompas kiblat aplikasi Digital Falak iOS adalah sama dengan aplikasi Digital Falak Android. Kedua, terdapat kemelencengan yang signifikan pada aplikasi Digital Falak versi Android, jika dibandingkan dengan versi iOS. Dengan kata lain, penghitungan arah kiblat yang dihasilkan dari aplikasi Digital Falak iOS cukup akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Uji akurasi; Aplikasi Digital Falak; Arah Kiblat; Sistem iOS; Software
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 50102 - Ilmu Falak (S2)
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:55
Last Modified: 21 Nov 2022 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17960

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics