Rancang bangun aplikasi hisab mobile murobba' berbasis Android

Suraya, Khabib (2022) Rancang bangun aplikasi hisab mobile murobba' berbasis Android. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046013_Khabib_Suraya] Text (Skripsi_1802046013_Khabib_Suraya)
Skripsi_1802046013_Khabib_Suraya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Arah kiblat merupakan satu hal yang harus diperhatikan seorang muslim ketika akan melaksanakan ibadah salat, karena salah satu syarat sahnya salat adalah menghadap kiblat. Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengetahui arah kiblat, salah satu metode penentuan arah kiblat adalah menggunakan instrumen falak Al-Murobba’. Dalam instrumen tersebut banyak fungsi yang bisa dilakukan, hingga saat ini belum ada pemrograman yang mengakomodir perhitungan fungsi-fungsi tersebut.
Berangkat dari latar belakang tersebut, peneliti berinisiatif untuk merancang sebuah aplikasi hisab berbasis Android yang mengakomodir seluruh fungsi Al-Murobba’. Sehingga dalam penelitian ini peneliti merumuskan dua rumusan masalah, yaitu bagaimana perancangan aplikasi hisab Mobile Murobba’ berbasis Android? dan bagaimana hasil uji fungsional dan akurasi aplikasi hisab Mobile Murobba’ berbasis Android?
Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode Research and Development. Yakni peneliti akan melakukan penelitian dan pengembangan pada instrumen falak Al-Murobba’ dengan menghasilkan produk berupa aplikasi berbasis Android yang mengakomodir seluruh perhitungan pada instrumen tersebut.
Penelitian ini menghasilkan aplikasi berbasis Android dengan nama Mobile Murobba’. Adapun hasil penelitian ini terdapat dua temuan utama. Pertama, proses rancang bangun aplikasi Mobile Murobba’ dilakukan dengan delapan tahapan. Kedua, hasil uji fungsional dan akurasi aplikasi Mobile Murobba’ dapat terinstall pada berbagai jenis tipe Android dan hasil perhitungan yang tergolong akurat diketahui dari selisih terkecil hanya 0,3 detik dan selisih terbesar 11 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah Kiblat; Al-Murobba’; Android; Aplikasi mobile hisab
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 21 Nov 2022 08:59
Last Modified: 21 Nov 2022 08:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17963

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics