Peran Komunitas Juang sebagai organisasi sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) di Jawa Tengah

Muliana, Rizqi Yusuf (2022) Peran Komunitas Juang sebagai organisasi sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) di Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016053_Rizqi_Yusuf_Muliana] Text (Skripsi_1806016053_Rizqi_Yusuf_Muliana)
Skripsi_1806016053_Rizqi_Yusuf_Muliana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Komunitas Juang merupakan salah satu mesin partai yang menghimpun kader-kader muda PDI Perjuangan di Jawa Tengah. Sebagai perpanjangan tangan dari partai PDI Perjuangan yang, Komunitas Juang menjalankan peran penting sebagai wadah perekrutan kader baru bagi PDI Perjuangan di Jawa Tengah. Tidak hanya perekrutan, Komunitas Juang juga melakukan fungsi pendidikan dan pelatihan terhadap kader-kader binaannya. Outputnya, kader Komunitas Juang diharapakan dapat menjadi kader yang ber-Kompetensi, ber- Karakter, dan ber-Kapasitas dengan semangat untuk mendukung dan setia kepada partai PDI Perjuangan. Meskipun sebagai organisasi yang baru dibentuk tahun 2014, Komunitas Juang telah mengkader ribuan anak muda dengan berbagai latar belakang yang bergabung dan berproses di dalam Komunitas Juang di Jawa Tengah.
Kajian ini berfokus pada bagaimana peranan Komunitas Juang sebagai organisasi sayap partai Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) di Jawa Tengah dalam perekrutan dan pendidikan kader serta perannya dalam membantu menjalankan fungsi elektoral partai. Fokus kajian akan dibahas melalui teori peran dan organisasi sayap partai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan obyek penelitian Komunitas Juang DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data primer yang dilakukan berupa wawancara terhadap subyek penelitian dari perwakilan struktur organisasi Komunitas Juang yakni, Dewan Mentor Juang (MJ), Asisten Mentor Juang (AMJ), dan kader Komunitas Juang DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Selain itu data sekunder sebagai pendukung data penelitian yakni berbentuk dokumen, arsip, website, media sosial, video dokumenter, rekaman dan lainya yang dibutuhkan sebagai data pendukung penelitian.
Hasil penelitian menunujukkan temuan bahwa menurut konsep peran Biddle dan Thomas serta organisasi sayap partai, Komunitas Juang telah berperan dalam melaksanakan perekrutan dan pendidikan kader muda PDI Perjuangan. Hal ini sesuai dengan aktivitas yang dilakukan Komunitas Juang yakni: (1) menyelenggarakan tahapan perekrutan kader yang meliputi mentoring, Pembinaan Gabungan (Bingab), Psyco-game, dan Pelantikan Kader; (2) memberikan pendidikan dan pelatihan kader meliputi kegiatan Pembinaan Khusus (Binsus), Pendidikan Politik, kegiatan mentoring, rapat internal organisasi, bentuk-bentuk penugasan oleh partai serta menjadi tim supporting agenda politik atau non-politik partai PDI Perjuangan. Komunitas Juang juga telah berperan dalam membantu menjalankan fungsi elektoral partai dengan berkontribusi dalam bentuk: (1) menjadi saksi TPS saat pemilu bagi PDI Perjuangan; (2) sebagai tim supporting caleg PDI Perjuangan; (3) menjadi bakal calon legislatif menjadi peserta pemilu yang diusung partai dan menggalang massa pendukung setia bagi partai PDI Perjuangan di Jawa Tengah. Komunitas Juang juga berperan sebagai salah satu mesin partai PDI Perjuangan yang menghantarkan kemenangan bagi PDI Perjuangan pada Pilkada tahun 2020. Dengan terpilihnya 17 kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan dari 21 daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunitas Juang; Organisasi Sayap Partai; PDI Perjuangan; Perekrutan; Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 21 Nov 2022 09:05
Last Modified: 21 Nov 2022 09:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17964

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics