Mekanisme perhitungan bagi hasil pada simpanan investasi berjangka mudharabah (ijabah) di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC. Sapuran

Ulinnuha, Firda Luthfia (2022) Mekanisme perhitungan bagi hasil pada simpanan investasi berjangka mudharabah (ijabah) di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC. Sapuran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905015032_Firda_Luthfia_Ulinnuha_Lengkap] Text (Skripsi_1905015032_Firda_Luthfia_Ulinnuha_Lengkap)
Skripsi_1905015032_Firda_Luthfia_Ulinnuha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu produk penghimpunan dana yang dimiliki KSPPS Tamzis Bina Utama adalah Simpanan Ijabah dengan menerapkan akad mudharabah muthlaqah yang menggunakan sistem bagi hasil dengan prinsip revenue sharing (bagi pendapatan), dimana bagi hasil yang diberikan anggota berbeda-beda disetiap bulannya tergantung dengan pendapatan operasional KSPPS Tamis Bina Utama. Berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Mekanisme Perhitungan Bagi Hasil Pada Simpanan Investasi Berjangka Mudharabah (Ijabah) di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Sapuran”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Mekanisme Perhitungan Bagi Hasil Pada Simpanan Investasi Berjangka Mudharabah (Ijabah) di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Sapuran dan bagaimana penerapan akad mudharabah pada produk simpanan Investasi Berjangka Mudharabah (Ijabah) di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo KC Sapuran. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian kualitatif, dengan memperoleh informasi dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan selama magang dua bulan di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Sapuran yang beralamat di Jl. Purworejo No. 46 Km. 16 Sapuran Wonosobo. Hasil dari penelitian ini yaitu KSPPS Tamzis menghimpun dana dari anggota melalui produk simpanan Ijabah, kemudian dana yang terhimpun tersebut disalurkan dalam bentuk pembiayaan kepada para pedagang atau pengusaha kecil sesuai dengan prinsip mudharabah muthlaqah. Dari penyaluran dana tersebut, Tamzis akan memperoleh keuntungan dalam bentuk bagi hasil. Mekanisme perhitungan bagi hasil pada simpanan Ijabah yang diberikan anggota dihitung berdasarkan nominal dana yang diinvestasikan anggota dikalikan dengan pendapatan Tamzis disetiap bulannya sesuai jangka waktu yang dipilih anggota dimana hasil perolehan bagi hasil akan dibagikan kepada anggota Ijabah sesuai dengan nisbah dan jangka waktu yang telah disepakati bersama di awal akad.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpanan ijabah; Bagi hasil; Akad mudharabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:04
Last Modified: 22 Nov 2022 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics