Studi analisis hisab awal waktu salat dalam kitab Al-anwar li'amal al-ijtima' wa al-irtifa' wa al-khusuf wa al-kusuf karya Kiai Daenuzi Zuhdi

Hasanah, Zuyyina Alfi (2022) Studi analisis hisab awal waktu salat dalam kitab Al-anwar li'amal al-ijtima' wa al-irtifa' wa al-khusuf wa al-kusuf karya Kiai Daenuzi Zuhdi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046025_Zuyyina_Alfi_Hasanah_Lengkap] Text (Skripsi_1802046025_Zuyyina_Alfi_Hasanah_Lengkap)
Skripsi_1802046025_Zuyyina_Alfi_Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kitab Al-Anwa>r li ‘Amal al-Ijtima>’ wa al-Irtifa>’ wa al-Khusu>f wa al-Kusu>f karya Kiai Daenuzi Zuhdi. Kitab ini masih dipelajari di pondok pesantren Al-Anwar Sarang. Metode yang digunakan dalam hisab awal bulan terdapat perbedaan dengan kitab yang sezamannya. Seperti penggunaan data deklinasi dan equation of time yang bersifat stagnan dan tidak memasukkan koreksi. Berdasarkan latar belakang tersebut timbul permasalahan yaitu bagaimana metode hisab awal waktu salat dalam kitab Al-Anwa>r li ‘Amal al-Ijtima>’ wa al-Irtifa>’ wa al-Khusu>f wa al-Kusu>f dan bagaimana akurasi hasil perhitungan awal waktu salat dalam kitab Al-Anwa>r li ‘Amal al-Ijtima>’ wa al-Irtifa>’ wa al-Khusu>f wa al-Kusu>f.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat library research. Data primer diperoleh dari kitab Al-Anwa>r li ‘Amal al-Ijtima>’ wa al-Irtifa>’ wa al-Khusu>f wa al-Kusu>f ini sendiri. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari buku, kitab, artikel ataupun hasil penelitian dan lain-lain yang berkaitan dengan kitab ini maupun metode awal waktu salat. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif analitik (menjelaskan metode) serta komparatif (membandingkan dengan Ephimeris).
Penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan yaitu pertama, Metode hisab atau perhitungan yang terdapat dalam kitab ini merupakan metode hisab yang termasuk kategori hisab haqiqi tahqiqi, ini terlihat dengan sistem perhitungan yang menggunakan rumus segitiga bola. Kedua, hasil perbandingan hisab waktu salat dalam kitab ini dengan Ephimeris selisih keduanya antara 0-3 menit, sehingga metode ini cukup akurat dan relevan untuk penggunaan waktu salat. Hanya saja dalam perhitungan kitab ini tidak mencantumkan koreksi-koreksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Anwar li ‘Amal al-Ijtima’ wa al-Irtifa’ wa al-Khusuf wa al-Kusuf; Hisab; Awal waktu salat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:10
Last Modified: 22 Nov 2022 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17970

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics