Uji akurasi Qiswa portable dalam penentuan jam istiwa dan waktu Salat Zuhur

Janah, Miftahul (2022) Uji akurasi Qiswa portable dalam penentuan jam istiwa dan waktu Salat Zuhur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046033_Miftahul_Janah_Lengkap] Text (Skripsi_1802046033_Miftahul_Janah_Lengkap)
Skripsi_1802046033_Miftahul_Janah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Qiswa Portable merupakan singkatan dari Qibla Finder dan Istiwa Corector yakni instrument falak yang berfungsi untuk mengoreksi posisi arah kiblat dari berbagai lokasi sekaligus dapat mengoreksi proses terjadinya Istiwa (transit) Matahari di meridian langit sebagai tanda terjadinya pertengahan siang suatu tempat di belahan bumi yang tersinari Matahari, selain itu juga bisa untuk menentukan waktu Zuhur .
Skripsi ini mengkaji dua permasalahan dalam Qiswa Portable yaitu: 1) pengaplikasian Qiswa Portable dalam penentuan waktu istiwa dan waktu salat, dan 2) tingkat keakuratan Qiswa Portable dalam penentuan waktu istiwa dan waktu salat Zuhur.
Hasil dari penggunaan qiswa Portable dengan Murobba’ dalam menentukan awal waktu Istiwa dan waktu Zuhur yang di komparasikan dengan emphimeris dari observasi pertama sampai observasi ketiga tidak terdapat selisih. Hanya saja ketika hasil dari perhitungan kedua alat tersebut yang di komparasikan dengan stellarium mendapatkan selisih pada waktu Istiwa saja. Dari alat Qiswa Portable dan Murobba’ yang di komparasikan dengan ephimeris dan juga Stellarium dalam menentukan waktu Istiwa dan waktu salat Zuhur hasilnya adalah akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Qiswa portable; Waktu Istiwa; Salat Zuhur
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:04
Last Modified: 22 Nov 2022 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17973

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics