Analisis akurasi qiswa portable : qibla finder and istiwa' corrector portable dan istiwa'ainii dalam penentuan arah kiblat

Qodriyah, Maftuchah Rif'atul (2022) Analisis akurasi qiswa portable : qibla finder and istiwa' corrector portable dan istiwa'ainii dalam penentuan arah kiblat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046036_Maftuchah_Rif'atul_Qodriyah] Text (Skripsi_1802046036_Maftuchah_Rif'atul_Qodriyah)
Skripsi_1802046036_Maftuchah_Rif'atul_Qodriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Qiswa Portable adalah instrumen falak non optik yang menggunakan bantuan sinar matahari untuk dapat mengaplikasikannya. Alat yang praktis dan dapat digunakan setiap hari ini merupakan kependekan dari Qibla Finder Istiwa Corrector, sesuai namanya alat ini digunakan untuk menentukan arah kiblat dan pengoreksian waktu istiwa dan sebagai penentu awal waktu salat Zuhur, alat ini memiliki skala derajat hingga 360˚ dan dapat diputar secara azimuth.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah penulis melakukan penelitian tentang bagaimana pengaplikasian Qiswa Portable sebagai penentu arah kiblat. Dengan fokus permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keakuratan Qiswa Portable dalam penentuan arah kiblat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian penelitian yang bersifat lapangan (field research). Sumber datanya berupa data primer dan sekunder. Kemudian penulis analisis dengan metode analisis deskriptif dan komparatif, yaitu dengan menggambarkan hasil penelitian dari penggunaan Qiswa Portable di lapangan yang dikomparasikan dengan instrumen falak lainnya yakni Istiwa’aini.
Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu, Qiswa Portable dalam penentuan arah kiblat dapat digunakan setiap saat, kemudian untuk akurasi Qiswa Portable memiliki tingkat yang akurat dibuktikan dengan hasil penelitian terdapat selisih hanya pada detik busur tidak mencapai menit busur, yaitu dengan nilai selisih tertinggi 0˚0’13,31”, dan selisih tersebut termasuk dalam batas wajar. Hasil penelitian yang dilakukan di beberapa masjid yang telah lurus shaf dan bangunannya ke arah kiblat, dan ditembukan keselarasan antara keduanya .Dalam arti alat Qiswa Portable termasuk instrumen falak non optik yang akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Qiswa portable; Istiwa’ainI; Arah kiblat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:01
Last Modified: 25 Nov 2022 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17986

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics