Respon masyarakat terhadap kelibrasi dan perubahan arah kiblat masjid At-taqwa Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes

Lestari, Rizqa Ayu (2022) Respon masyarakat terhadap kelibrasi dan perubahan arah kiblat masjid At-taqwa Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046040_Rizqa_Ayu_Lestari] Text (Skripsi_1802046040_Rizqa_Ayu_Lestari)
Skripsi_1802046040_Rizqa_Ayu_Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masjid At-Taqwa Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes merupakan salah satu masjid kuno di daerah Brebes. Berbicara menegnai arah kiblat di masjid At-Taqwa tidak lepas dari masyarakat yang meneyelimutinya. Arah kiblat di masjid tersebut diperkirakan melenceng karena sudah lama tidak di cek kembali arah kiblatnya. Setiap orang pasti mempunyai pendapat yang berbeda dalam menerima atau menolak tentang pembenahan arah kiblat. Ada yang menerima dan ada juga yang menolak, serta tetap mempertahankan arah kiblatnya sesuai dengan arah awal dari pembangunan masjid dan mushola. Dari perdebatan inilah penulis tertarik untuk meneliti tentang respons masyarakat terhadap Masjid At-Taqwa Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes yang sebelumnya sudah diukur arah kiblatnya sejak pertama di dirikan.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian berupa data primer yang diambil dari observasi dan wawancara kepada takmir masjid, imam masjid, orang yang tahu tentang seluk-beluk masjid tersebut dibangun, dan masyarakat sekitar masjid tersebut. Dan data sekundernya berupa literasi yang berkaitan dengan penentuan arah kiblat.
Setelah peneliti melakukan kajian, dapat diketahui lintang dan bujur yang digunakan untuk mengetahui arah kiblat yang sebenarnya. Adanya kelompok masyarakat, yaitu: Pertama, bagaimanakah respons masyarakat terhadap kalibrasi dan perubahan arah kiblat Masjid At-Taqwa di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes? Kedua, apa saja faktor yang mempengaruhi respons masyarakat Masjid At-Taqwa di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes terhadap perubahan arah kiblat tersebut?
Adapun hasil penelitian ini berupa. Pertama, respons masyarakat sekitar Masjid At-Taqwa di Desa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, yakni ada kelompok masyarakat yang setuju dilakukan pengecekan ulang dan ada juga yang ingin mempertahankan arah kiblat terdahulu. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi respons masyarkat terhadap perubahan arah kiblat Masjid At-Taqwa Sawojajar Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, yaitu perbedaan persepsi masyarakat, adanya perbedaan tingkat pendidikan, dan adanya perbedaan organisasi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Masjid At-Taqwa; Desa Sawojajar; Respon masyarakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:03
Last Modified: 25 Nov 2022 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17988

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics