Perancangan kawasan pondok pesantren vokasional yatim di semarang dengan pendekatan arsitektur bioklimatik

Salsabila, Faiqoh Roshwah (2022) Perancangan kawasan pondok pesantren vokasional yatim di semarang dengan pendekatan arsitektur bioklimatik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804056031_Faiqoh_Roshwah_Salsabila] Text (Skripsi_1804056031_Faiqoh_Roshwah_Salsabila)
Skripsi_1804056031_Faiqoh_Roshwah_Salsabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 banyak berdampak pada kehidupan manusia hingga saat ini, termasuk pada jumlah anak yatim piatu yang meningkat di Indonesia. Meskipun banyak dari keluarga mereka yang bersedia menjadi orang tua asuh, namun tidak menutup kemungkinan akan tidak maksimalnya pertumbuhan kreativitas maupun kognitif mereka. Aspek kognitif, fisik, bahasa, dan sosio- emosionalnya berkembang pada usia ini. Sehingga mereka perlu sebuah ruang yang mampu mendukung perkembangan tersebut. Kawasan Pondok Pesantren Vokasional Yatim ini merupakan salah satu ruang belajar anak-anak yatim yang mampu menjamin mereka siap bekerja setelah lulus. Ruang-ruang yang disediakan di dalam maupun luar bangunan tentu harus mempertimbangkan aspek pencahayaan dan penghawaan yang optimal untuk mendukung aktivitas belajar maupun mengajar berjalan dengan baik. Pada “Perancangan Kawasan Pondok Pesantren Vokasional Yatim Di Semarang” ini, tema arsitektur bioklimatik diterapkan. Yakni tema yang berfokus pada keselarasan terhadap keadaan alami dari alam, penguasaaan secara fungsional dan kematangan pengolahan serta pemilihan bentuk, bahan, dan struktur. Lokasi perancangan berada di kawasan yang sedikit jauh dari pusat kota dan jalan utama. Area yang dari aspek kesehatan memiliki udara yang sejuk, suasana yang masih asri dan tentunya jauh dari kawasan pabrik.
Data yang dibutuhkan didapat dari wawancara, studi literatur dan studi kasus. Sedangkan pengolahan data atau metode analisisnya menggunakan beberapa analisis dalam ilmu arsitektur yakni analisis tapak, analisis fungsi bangunan, analisis pengguna, analisis ruang, analisis bentuk, analisis struktur, dan analisis utilitas. Dari analisis-analisis tersebut akan menghasilkan sintesis atau konsep yang berupa konsep dasar, konsep tapak, konsep bantuk, konsep ruang, konsep struktur, dan konsep utilitas.
arsitektur; seni islam; covid 19

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arsitektur; bioklimatik; pondok pesantren
Subjects: 700 The arts > 720 Architecture
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 23201 - Ilmu Seni dan Arsitektur Islam
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 26 Nov 2022 01:59
Last Modified: 26 Nov 2022 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17992

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics