Thesis #18007

Ruswati, Ruswati (2022) UNSPECIFIED Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036008_Ruswati] Text (Skripsi_1803036008_Ruswati)
Skripsi_1803036008_Ruswati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di MTs N 1 Kebumen yang difokuskan pada strategi layanan perpustakaan.
Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2022. Subyek penelitian ini adalah kepala perpustakaan dan dua orang pustakawan di MTs N 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi layanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca menggunakan strategi promosi yaitu dengan pembuatan website perpustakaan yang dapat digunakan oleh pemustaka, strategi layanan OPAC (Online Public Access Catalog) yaitu dengan memberikan informasi yang akurat kepada pemustaka, mencarikan kebutuhan bahan bacaan bagi pemustaka, dan memberikan kemudahan kepada pemustaka, strategi layanan pelanggan dengan melakukan peningkatan fasilitas fisik perpustakaaan yang instagrammabel, dan strategi peningkatan kinerja pustakawan dengan mengikutsertakan dalama acara seminar dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi layanan; perpustakaan; minat baca
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 26 Nov 2022 02:22
Last Modified: 26 Nov 2022 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics