Studi analisis formulasi metode hizab azimuth kiblat dalam kitab Jami' Al-adillah karya KH.Ahmad Ghozali

Kaffah, Silmi (2022) Studi analisis formulasi metode hizab azimuth kiblat dalam kitab Jami' Al-adillah karya KH.Ahmad Ghozali. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046071_Silmi_Kaffah] Text (Skripsi_1802046071_Silmi_Kaffah)
Skripsi_1802046071_Silmi_Kaffah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Arah kiblat merupakan salah satu pilar dalam dunia falak, semua umat muslim membutuhkan ilmu falak untuk menentukan arah kiblat. Terdapat banyak metode hisab arah kiblat yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan arah kiblat, termasuk metode hisab arah kiblat dalam kitab Ja>mi’ al-Adillah yang menggunakan perhitungan atau rumus yang disusun oleh KH. Ahmad Ghozali. Terdapat dua rumus yang menarik perhatian, yaitu hisab arah kiblat dengan perhitungan segitiga bola dan hisab arah kiblat perhitungan segitiga bola dengan koreksi ellipsoid. Metode hisab dalam kitab ini dapat dicari nilainya dengan bantuan scientific calculator yang dianggap memiliki hasil yang lebih teliti. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana metode hisab arah kiblat dalam kitab Ja>mi’ al-Adillah dan bagaimana akurasinya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan library research atau kajian pustaka. Data primer diperoleh dari kitab Ja>mi’ al-Adillah dan menggunakan Teknik analisis data berupa analisis verifikatif. Metode hisab dalam kitab tersebut diuji akurasi dengan metode hisab kontemporer dan metode hisab vincenty.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa kitab Ja>mi’ al-Adillah menggunakan metode hisab yang formulasinya disusun oleh KH. Ahmad Ghozali yang sudah dilengkapi dengan rumus trigonometri dan koreksi ellipsoid. Hisab arah kiblat dalam kitab Ja>mi’ al-Adillah memiliki hasil yang cukup akurat dengan selisih 6 sampai dengan 8 derajat menit. Hal itu masih dapat ditoleransi karena batas kemelencengan kiblat adalah 0.24’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab arah kiblat; Jami’ al-Adillah; Akurasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:02
Last Modified: 23 Nov 2022 06:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18014

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics