Dakwah dalam membentuk keluarga sakinah : studi pada pengajian rutin selasanan di Desa Sidorejo Comal Pemalang

Salim, Ibnu (2021) Dakwah dalam membentuk keluarga sakinah : studi pada pengajian rutin selasanan di Desa Sidorejo Comal Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501016085_IBNU SALIM_SKRIPSI LENGKAP] Text (1501016085_IBNU SALIM_SKRIPSI LENGKAP)
1501016085_ibnu salim_ skripsi lgkp.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dakwah adalah kegiatan menyeru, mengajak, seruan untuk berbuat baik dan mencegah dari perbuatan buruk. Unsur-unsur dakwah yaitu da’I, mad’u, materi dakwah, media dakwah, metode dakwah. Tujuan dakwah adalah terwujudnya kebahagiaan dan kesejahtraan hidup manusia di dunia dan di akhirat yang diridhai oleh Allah SWT. Pengajian merupakan salah satu bentuk dari aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh umat Islam. Aktivitas atau kegiatan dakwah yang dilakukan oleh pengajian rutin selasanan menggunakan berbagai metode dengan tujuan memperoleh hasil yang diinginkan. Tujuan pengajian rutin disini yaitu membentuk keluarga sakinah dengan mengkaji kitab-kitab prihal rumah tangga Islami. Dalam penelitian ini dapat dirumuskan permasalahnnya sebagai berikut: Bagaimana dakwah dalam membentuk keluarga sakinah melalui pengajian rutin selasanan di desa Sidorejo Comal Pemalang?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang mehasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Mengenai sumber data dalam penelitian ini adalah mubaligh dan jamaah pengajian rutin selasanan di Desa Sidorejo Comal Pemalang.
Hasil penelitian metode dakwah yang dilakukan oleh mubaligh pengajian rutin selasanan dalam menyampaikan materi yang mengkaji kitab-kitab prihal rumah tangga Islami dalam kitab Uqud Al-Lujain Tafsir Jalallain Akhlaqul Banin mampu membantu para jamaah dalam membentuk keluarga sakinah yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Manfaat atau implikasi dakwah melalui pengajian rutin antara lain: meningkatkan keharmonisan hubungan antar anggota keluarga, meningkatkan rasa syukur dan sabar dalam menghadapi problematika kehidupan berkeluarga, meningkatkan etos kerja suami dalam mencari nafkah keluarga, menumbuhkan sikap toleransi antar sesame anggota keluarga, membangun akhlaqul karimah dalam kehidupan berkeluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah; Pengajian; Keluarga Sakinah; Rumah Tangga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:55
Last Modified: 12 Nov 2022 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics