Upaya mengatasi meningkatnya kasus HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome) akibat pergaulan bebas melalui program genre (generasi berencana) di Kabupaten Demak : analisis bimbingan dan penyuluhan Islam

Rosyada, Amrina (2021) Upaya mengatasi meningkatnya kasus HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome) akibat pergaulan bebas melalui program genre (generasi berencana) di Kabupaten Demak : analisis bimbingan dan penyuluhan Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016053_AMRINA_ROSYADA] Text (SKRIPSI_1601016053_AMRINA_ROSYADA)
1601016053_Amrina Rosyada_Full Skripsi - Amrina Rosyada.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Upaya Mengatasi Meningkatnya Kasus HIV/AIDS (Human immunodeficiency virus/ Acquired Imunne Deficiency Syndrom) Akibat Pergaulan Bebas Melalui Proram GenRe (Generasi Berencana) di Kabupaten Demak (Analisis Bimbingan dan Penyuluhan Islam)
Penelitian ini membahas tentang upaya mengatasi meningkatnya kasus HIV/AIDS akibat pergaulan bebas melalui Program GenRe Demak. Penelitian ini dilatarbelakangi Masalah kasus HIV/AIDS yang meningkat setiap tahun akibat pergaulan bebas. Tujuan penelitian ini adalah Pertama untuk mengetahui bentuk pergaulan bebas yang mengakibatkan HIV/AIDS meningkat di Kabupaten Demak, kedua mendeskripsikan upaya mengatasi meningkatnya kasus HIV/AIDS akibat pergaulan bebas melalui Proram GenRe (Generasi Berencana) di Kabupaten Demak, ketiga menganalisis Bimbingan dan Penyuluhan Islam terhadap Upaya Mengatasi Meningkatnya Kasus HIV/AIDS Akibat Pergaulan Bebas Melalui Proram GenRe (Generasi Berencana) di Kabupaten Demak
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu ketua GenRe Demak, Duta GenRe Demak dan remaja di GenRe Demak. Adapun sumber data sekunder yaitu arsip GenRe Demak, buku, jurnal, skripsi, surat kabar, dan penelitian yang lainnya. Metode analisis data menggunakan model Miles and Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah pertama bentuk pergaulan bebas di Kabupaten Demak yaitu kenakalan remaja, penyalahgunaan NAPZA dan alkoholisme, seks bebas. Kedua Upaya forum GenRe Demak dalam mengatasi meningkatnya kasus HIV/AIDS akibat pergaulan bebas adalah dngan promosi kesehatan, pemberdayaan remaja, melibatkan remaja dalam mengambil keputusan, mengembangkan akses informasi, meningkatkan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan komunitas remaja lainnya, membekali remaja dengan ilmu yang bermanfaat.

Ketiga hasil analisis menunjukan bahwa bimbingan dan penyuluhan Islam dalam upaya mengatasi meningkatnya kasus HIV/AIDS akibat prgaulan bebas melalui program GenRe Demak sebagai berikut, 1)Tujuan: Terbentuknya suatu perubahan, mengatasi dan memecahkan problem dengan kemampuan yang ada pada dirinya sendiri, penyesuaian diri terhadap lingkungan, memiliki kecerdasan spiritual, dan memberikan pelayanan agar mampu mengaktifkan potensi psikisnya sendiri dalam menghadapi dan memecahkan kesulitan-kesulitan hidup yang dirasakan, pengembangan potensi semaksimal mungkin dan pengendalian diri. 2) fungsi: sebagai fasilitator dan motivator membantu individu mengetahui, mengenal dan memahami kembali keadaan dirinya, Membantu individu menerima keadaan dirinya sebagaimana adanya, Membantu individu memahami keadaan (situasi dan kondisi) yang dihadapi saat ini. Membantu individu menemukan alternatif pemecahan masalah. 3) metode langsung dan tidak langsung, metode pendekatan individu, kelompok dan massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pergaulan bebas; HIV/AIDS; bimbingan dan penyuluhan islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:41
Last Modified: 08 Aug 2023 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18017

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics