Implementasi akad MBA (murabahah angsuran) pada anggota non muslim di BMT Al hikmah Cabang Bandungan

S, Meyra Maulina A (2022) Implementasi akad MBA (murabahah angsuran) pada anggota non muslim di BMT Al hikmah Cabang Bandungan. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905015051_Meyra_Maulina_A_S] Text (Skripsi_1905015051_Meyra_Maulina_A_S)
Skripsi_1905015051_Meyra_Maulina_A_S.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

murabahah dan faktor yang mempengaruhi umat non muslim mengunakan murabahah angsuran di BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan. Dalam rangka membantu masyarakat baik umat muslim maupun non muslim yang membutuhkan dana untuk pembelian suatu barang tertentu, BMT mengeluarkan produk MBA. Produk MBA ini juga menguntungkan bagi pihak BMT karena keuntungan yang diperoleh dari produk murabahah sudah pasti yaitu berupa margin. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan juga data sekunder. Dan dalam pengumpulan data memakai metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembiayaan murabahah pada BMT Al-Hikmah diimplementasikan pada MBA Angsuran dan MBA Paras. Pada MBA Angsuran diperuntukan untuk pembelian barang seperti motor, kulkas, furniture dan lain sebagainya. Sedangkan pada MBA Paras digunakan untuk produk pembiayaan yang berhubungan dengan renovasi rumah. Perhitungan margin antara MBA angsuran dan MBA paras sama, hanya kegunaannya saja yang berbeda. Implementasi dari akad murabahah di BMT Al-Hikmah juga sudah sesuai dengan syariah dengan berlandaskan AL-Quran dan Hadist. Adapun faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim untuk menggunakan produk MBA ini seperti karena sistemnya lebih adil, berpayung pada undang-undang, proses pengajuan mudah, tidak membedakan antara anggota muslim dan non muslim, serta silaturahmi antara BMT dan anggota terjalin erat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BMT Al Hikmah; MBA; Non-muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:11
Last Modified: 23 Nov 2022 06:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18022

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics