Mekanisme penerapan akad murabahah pada produk pembiayaan sertifikasi guru di BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Rif'ati, Siska (2022) Mekanisme penerapan akad murabahah pada produk pembiayaan sertifikasi guru di BPRS Saka Dana Mulia Kudus. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905015052_Siska_Rif'ati] Text (Skripsi_1905015052_Siska_Rif'ati)
Skripsi_1905015052_Siska_Rif'ati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan kebutuhan dana pada saat ini yang semakin meningkat, dan dana yang dimiliki semakin menurun, maka dari itu bank memberikan sebuah solusi dengan menyediakan fasilitas pembiayaan atau kredit, tentunya dengan memberikan suatu syarat berupa jaminan atau agunan guna meminimalisir terjadinya kerugian. Pembiayaan sertifikasi guru di BPRS adalah penyediaan dana atau tagihan yang dipersamakan dengan itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Mekanisme penerapan akad murabahah pada produk pembiayaan sertifikasi guru di BPRS Saka Dana Mulia Kudus, serta risiko dan kendala apa saja yang biasanya dialami dalam mekanisme pembiayaan tersebut Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Data penelitian ini mengacu pada sumber data primer dan data sekunder. Melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pihak BPRS Saka Dana Mulia Kudus adalah teknik yang digunakan untuk pengumpulan data. Pembiayaan Sertifikasi Guru di BPRS Saka Dana Mulia Kudus adalah Pembiayaan yang diberikan oleh BPRS untuk membiayai kebutuhan konsumtif guru, dalam mekanisme penerapannya pembiayaan tersebut menggunakan akad murabahah ditambah dengan akad pelengkap, yaitu akad wakalah. dimana bank memberikan dana kepada nasabah, untuk membelikan barang yang diinginkan oleh nasabah. dan risiko serta kendala yang terjadi dalam pembiayaan tersebut minim sekali karena pembiayaan tersebut tergolong pembiayaan yang baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Akad murabahah; Sertifikasi guru; BPRS Saka
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:14
Last Modified: 23 Nov 2022 06:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18023

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics