Analisis hisab awal waktu salat dengan tabel logaritma 6 desimal dalam Kitab Anwarul Hasibin karya Ali Mustofa

Cahyani, Hesti Suci (2022) Analisis hisab awal waktu salat dengan tabel logaritma 6 desimal dalam Kitab Anwarul Hasibin karya Ali Mustofa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046093_Hesti_Suci_Cahyani] Text (Skripsi_1802046093_Hesti_Suci_Cahyani)
Skripsi_1802046093_Hesti_Suci_Cahyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (9MB)

Abstract

Kitab Anwarul Hasibin merupakan kitab falak yang menggunakan perhitungan Hakiki bi Tahkik yang membahas perhitungan awal waktu salat. Perhitungan dalam kitab ini menggunakan tabel logaritma 6 desimal yang manual dan sederhana. Metode hisab kitab ini memiliki perbedaan dengan metode hisab dalam kitab lain, seperti kitab Al-Durus Al-Falakiyyah, dengan metode logaritma 5 desimal. Maka dari itu , penulis tertarik untuk meneliti metode hisab awal waktu salat dalam kitab ini dan keakuratannya dengan hisab dalam sistem ephemeris yang digunakan Kemnag.
Penelitian ini membahas mengenai: 1.) Bagaimana metode hisab penentuan awal waktu salat dalam kitab Anwarul Hasibin, dan 2.) Bagaimana Analisis keakurasian hisab awal waktu salat dalam kitab Anwarul Hasibin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif terhadap kitab Anwarul Hasibin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu : wawancara, dan dokumentasi. Adapaun data primer diperoleh langsung dari kitab Anwarul Hasibin, hasil wawancara dengan pengarang kitab tersebut yaitu Ali Musthofa. Sedangkan data sekunder lain berasal dari Skripsi Alfan Maghfuri serta literatur dan dokumen berupa buku, tulisan, makalah dan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan obyek penelitian.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, kitab Anwarul Hasibin merupakan hisab awal waktu salat yang menggunakan tabel logaritma 6 desimal yang menggunakan cara perhitungan tabel yang panjang. Kedua, kitab ini menggunakan metode hisab Hakiki bi Tahkik. Kitab Anwarul Hasibin ini menggunakan logaritma 6 desimal yang hasilnya unuk orde detik menjadi sama. Adapun Keakuratan kitab Anwarul Hasibin dibandingkan dengan sistem Ephimeris memiliki hasil 0-1 menit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal waktu salat; anwarul hasibin; falak
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Putri Ayu Novita
Date Deposited: 26 Nov 2022 06:18
Last Modified: 26 Nov 2022 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18038

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics